Yuk Lakukan 5 Kegiatan Seru Ini Bersama Si Kecil!
23 August 2019
Salah satu yang menyenangkan pada saat Si Kecil memasuki usia 6-12 bulan adalah, mereka sudah bisa diajak berkegiatan yang seru. Kegiatan ini bermanfaat bukan hanya untuk kecerdasan, tapi juga melatih fisik mereka. Mama bisa pilih di antara 5 kegiatan berikut, atau lakukan semuanya secara bergantian juga seru.

1. Bermusik
Pengaruh musik yang positif terhadap perkembangan anak sudah tidak perlu diragukan lagi, bahkan dimulai pada saat mereka bayi. Di usia 6-12 bulan ini lebih seru lagi karena mama dan papa sudah bisa mengenalkan musik favorit mama dan papa sendiri. Nyanyikan kepada mereka agar mereka mulai bisa mengenali nada dan irama yang harmonis. Ini sangat membantu kecerdasan emosional mereka juga lho, Ma

2. Game Interaktif
Saat Si Kecil sudah bisa merespon stimulus yang diberikan kepadanya, ini saat yang tepat untuk melakukan berbagai kegiatan yang bersifat interaktif yang sifatnya sederhana. Misalnya: mengulurkan tangan mama agar Si Kecil menyambutnya, atau bertepuk tangan agar si kecil menirukannya, atau memberikan benda yang bertekstur agar melatih saraf sensoriknya. Kegiatan yang sederhana, tapi sangat bermanfaat.

3. Cari dan Temukan
Permainan yang mudah tapi mampu mengembangkan kemampuan kognitif dan memecahkan masalah. Caranya mudah, coba sembunyikan mainan Si Kecil lalu ajak untuk mencarinya bersama-sama. Kasih dia sedikit petunjuk agar mudah menemukannya. Saat berhasil menemukannya, kepercayaan dirinya akan bertambah dan ini sangat bagus untuk perkembangannya.

4. Tumpuk Barang
Cari barang ringan yang bisa ditumpuk, misalnya gelas plastik, atau balok mainannya juga boleh. Permainannya adalah bergantian menumpuk barang hingga jatuh. Kalau mau lebih seru lagi, ajak Si Kecil untuk berkompetisi tumupkan siapa yang duluan jatuh. Kegiatan ini bagus sekali untuk melatih fokus dan mempelajari hukum sebab akibat.

5. Baca Buku
Ini aktivitas klasik antara orangtua dan anak namun seringkali dilupakan mungkin karena kurang seru. Padahal aktivitas sederhana seperti membaca buku pun bisa dibuat seru lho. Pilih cerita favorit Si Kecil, lalu bacakan dengan sedikit acting dan role-playing. Mama dan papa harus berperan sebagai tokoh dalam cerita. Coba lakukan deh Ma, pasti Si Kecil akan selalu minta dibacakan buku lagi.