Si Kecil Rewel? Mungkin Tumbuh Gigi. Kenali 5 Tandanya, Ma!
18 August 2019
Tumbuh gigi merupakan fase yang pasti dialami Si Kecil. Tanda-tandanya mulai bisa terlihat di umur 3 bulan, dan semakin jelas pada uur 6 bulan. Tandanya pun bervariasi, jadi jangan dipukul rata juga ya Ma karena tia bayi berbeda. Berikut 5 tanda kemungkinan Si Kecil memasuki fase tumbuh gigi.

1. Mengunyah Terus
Keinginan untuk mengunyah terus timbul karena tekanan dari gigi yang sedang tumbuh di bawah gusi. Perhatikan deh, pasti Si Kecil terlihat ingin mengunyah apa pun yang dia pegang. Rasa aneh pada mulut juga bisa menjadi penyebab Si Kecil mengalami perilaku ini.

2. Gusi Membengkak

Dari semua gejala, ini yang umum terjadi pada saat fase tumbuh gigi. Sebelum terlihatnya gigi, gusi akan memerah, bengkak dan sedikit memar. Ini wajarnya saja karena proses tekanan dari gigi yang akan keluar. Tetap tenang, ya Ma.

3. Banyak Mengeluarkan Air Liur
Bayi mengeluarkan air liur alias ngiler itu kan sebenarnya wajar ya, Ma. Tapi apabila volumenya sudah berlebihan dari biasanya, mungkin itu tanda-tanda bahwa Si kecil sedang memasuki fase tumbuh gigi. Tekanan gigi yang akan keluar membuat kelenjar di dalam mulut mengeluarkan air liur agar mulut tetap basah dan merasa nyaman.

4. Pola Makan Berubah
Untuk Si Kecil yang mulai makan makanan padat, biasanya akan memilih untuk ASI atau minum dari botol karena gusi mereka akan terasa pedih bila bersentuhan dengan sendok. Tapi sebagian lain mungkin saja malah sering minta makan karena sensasi mengunyah dapat meredakan rasa nyeri dan memberikan kenyamanan pada gusi.

5. Tidur Malam Tidak Tenang
Ini wajar terjadi karena biasanya aktivitas gigi tumbuh berlangsung pada malam hari. jadi kalau Si Kecil lebih rewel pada malam hari dibanding siang hari, maklumi saja ya Ma. Berikan kenyamanan yang lebih pada Si Kecil saat Ia hendak tidur. Suhu ruangan yang nyaman, pakaian yang bersih hingga popok terpercaya seperti GOON yang akan membuat Si Kecil tertidur lelap hingga pagi hari.