5 Tips Menjadi Mama yang Efektif
03 August 2019
Katanya menjadi seorang mama adalah “the best job in the world” tapi kita pasti semua tahu bahwa kenyataannya tidak segampang itu ya, ma. Kadang kita pun merasa tidak tahu apa yang harus kita lakukan sebagai orangtua dan apakah kita sudah di jalan yang benar. Berikut adalah 5 tips yang harus kita lakukan ke anak-anak agar kita menjadi lebih efektif lagi sebagai orangtua.

1. Bangkitkan Kepercayaan Diri
Jangan salah lho, Ma rasa percaya diri seorang anak itu harus mulai dipupuk saat iya bayi. Caranya adalah bagaimana melihat mereka dari mata seorang mama. Cara mama berbicara, body languange dan ekspresi mama semua berpengaruh pada kepercayaan dirinya. Pujian sekecil apa pun akan membuat mereka percaya diri. Membiarkan mereka bebas bertindak akan membuat mereka kuat dan mandiri.

2. Tentukan Batas Dan Disiplin
Salah satu skill yang membentuk anak di kehidupan mendatang adalah kedisiplinan. Tujuannya adalah membentuk perilaku dan self-control. Jadi, buat batasan sejak kecil tentang apa yang boleh dan apa yang tidak dan disiplin dalam menjalaninya. Misalnya: tidak boleh nonton tv sebelum mandi sore, tidak boleh memukul dan lain-lain. Ini akan membentuk mereka menjadi pribadi yang bertanggung jawab nantinya.

3. Luangkan Waktu
Barang bisa dibeli, namun waktu yang telah lewat tidak dapat diraih kembali. Itu kenapa waktu adalah hal yang paling berharga. Apalagi bersama dengan Si kecil. Sempatkan waktu untuk sarapan bersama sebelum beraktivitas. Luangkan waktu untuk ngobrol sebelum tidur dan lain-lain. Pada akhirnya, yang akan mereka ingat adalah bukan barang yang mama dan papa kasih namun waktu yang dihabiskan bersama mereka.

4. Jadikan Komunikasi Sebagai Prioritas
Satu hal yang kadang kita lupa adalah walaupun kita sebagai orangtua punya otoritas, tapi anak juga manusia yang kadang punya pendapat yang berbeda. Di sini lah pentingnya komunikasi sebagai cara yang utama. Apabila ada masalah, pastikan mereka bisa mengkomunikasikannya dengan baik agar bisa terselesaikan.

5. Tetap Fleksibel dan Menyesuaikan dengan Keadaan
Kita sebagai orangtua kadang merasa bahwa cara kita adalah yang paling tepat, tapi sebenarnya menjadi orangtua juga adalah cara kita untuk kembali belajar menjadi manusia yang lebih baik. Apabila ada keadaan yang ternyata tidak sesuai dengan ekspektasi kita, kita harus melihat kembali cara kita, mungkin ada sesuatu yang perlu diubah agar keadaan menjadi lebih baik lagi.