Saatnya Si Kecil Bantu Beberes Rumah? Ini 5 Alasannya.
23 July 2019
Agar rumah selalu rapi, aktivitas beres-beres rumah setidaknya dilakukan seminggu sekali. Biasanya Mama dan Papa, kadang dibantu dengan asisten rumah tangga membersihkan setiap sisi rumah agar terlihat rapi dan bersih. Lho, mengapa tidak melibatkan Si Kecil juga, Ma. Apalagi Si Kecil yang sudah menginjak umur 12 bulan ke atas. Ini pentingnya melibatkan Si Kecil, Ma.

1. Waktu Bermain
Aktivitas beberes rumah mungkin dilihat sebagai kewajiban oleh kita orang dewasa. Namun bagi Si Kecil, ini adalah saatnya bermain. Melipat pakaian, membersihkan perabotan dari debu, menyapu adalah beberapa yang bisa dilakukan Si Kecil. Seru, kan Ma

2. Latihan Otot Motorik

Berbagai macam aktivitas beberes rumah merupakan aktivitas fisik yang bisa melatih otot motorik mereka. Mengepel lantai atau membuang sampah sepertinya sangat sederhana, tapi buat SI Kecil ini adalah latihan buat mengembangkan otot-otot motorik mereka lho Ma.

3. Kerjasama

Ini salah satu skill penting yang dibutuhkan untuk hidup sosial, Ma. Dan memang sebaiknya skill ini dilatih sejak sedini mungkin. Menyangkut aktivitas beres-beres rumah, libatkan Si Kecil di tugas-tugas dimana kerjasama adalah hal yang penting. Misalnya: memindahkan perabotan. Aktivitas sederahan ini bisa melatih fisik sekaligus skill kerjasama dan kordinasi.

4. Memupuk Tanggung Jawab
Ini yang paling penting. Dengan mengajaknya membantu, itu berarti kita sebagai orangtua telah menyerahkan tanggung jawab kepada Si Kecil. Untuk anak yang lebih besar, biasanya melihat tugas ini sebagai tantangan bagi mereka untuk menyelasaikannya, dan ini menyangkut pride mereka apakah bisa menyelsaikannya atau tidak. Jika bisa, percaya diri mereka pun akan bertambah.

5. Membangun Life Skill
Mungkin kita melihat aktivitas ini sebagai rutinitas sederhana. Tapi bisa dibilang tugas-tugas ini adalah simulasi dari kehidupan yang akan mereka jalani nantinya. Mengerjakan tugas, memecahkan masalah, berkolaborasi, itu semua adalah hal-hal yang akan dihadapi dalam hidup, dan alangkah baiknya jika kita sebagai orangtua mengenalkannya sedini mungkin.