Si Kecil Memasuki Usia 3-6 Bulan? Perhatikan Hal Ini Ma!
14 July 2019
Memasuki usia 6 bulan, Si Kecil pun terlihat bukan seperti bayi lagi. Ia mulai tumbuh dan mempunyai aktivitas yang berbeda dibanding pada saat Ia baru lahir dulu. Kira-kira, apa saja yang harus diperhatikan di usia sekarang, berikut check listnya, Ma

1. Lanjut Berikan ASI
Si Kecil sebaiknya mengonsumsi ASI setidaknya hingga umur 1 tahun. Namun di umur 3-6 bulan boleh saja diperkenalkan dengan cup feeder agar mulai dilatih skill makan dan minumnya. Sebaiknya jangan kasih Si Kecil ASI di dalam botol pada saat hendak tidur ya, Ma. Takutnya Ia menjadi ketergantungan dan tidak mau tidur kalau belum minum dari botol.

2. Mulai Banyak Bergerak
Siap-siap ya Ma, di umur 3-6 bulan mama akan menyaksikan perkembangan yang pesat dari gerakan Si Kecil. Mulai dari berguling hingga berusaha untuk duduk sendiri. Siapkan area khusus di mana Si Kecil bisa bergerak dengan bebas ya, Ma. Ini akan membantu perkembangan fisiknya juga.

3. Mulai Rutinitas Tidur
Di umur 6 bulan adalah masanya dimana Si Kecil sudah bisa “protes” pada saat hendak tidur di kasurnya sendiri. Memang perlu sedikit “trik” supaya aktivitas tidur Si Kecil menjadi lancar. Berikan selimut dan boneka favoritnya sebagai “Teman” tidur, mulai rutinitas sebelum tidur seperti membaca buku, main games kecil dll.

4. Kenalkan Nikmatnya Membaca
Salah satu benda yang bisa membuat hubungan Mama dan Si Kecil lebih dekat adalah buku. Di umur 3-6 bulan adalah saat yang tepat untuk mengenalkan Si Kecil dengan buku dan nikmatnya membaca. Dan salah satu caranya adalah membaca bersama Si Kecil. Biarkan Si Kecil memiliih cerita yang dia suka lalu baca bersama-sama.

5. Mulai Tumbuh Gigi
Masa tumbuh gigi mulai dari umur 6 bulan hingga 2 tahun. Siap-siap melihat Si Kecil yang banyak air liur dan terus-terusan mengunyah ya, Ma. Kadang-kadang Ia juga akan cranky karena memang masa tumbuh gigi adalah saat yang tidak mengenakkan bagi Si Kecil. Jadi, sabar ya ma.