Pergi Ke Tempat Umum Bersama Si Kecil? Perhatikan Hal ini, Ma!
30 June 2019
Memasuki umur 12 bulan memang waktu yang paling pas untuk banyak beraktivitas di luar rumah khususnya di tempat-tempat umum. Walaupun seru tapi tetap harus mempertimbangkan keselamatan Si Kecil ya, Ma. Salah satu resikonya adalah Si Kecil terpisah di tempat umum. Berikut 5 hal yang harus dilakukan untuk mencegah hal tersebut.

1. Pakaian Berwarna-Warni
Ini salah satu hal yang bisa dilakukan pada saat merencanakan ke tempat umum. Pasti Si Kecil punya baju-baju yang colorful kan, Ma? Nah lebih baik pakaikan baju tersebut pada Si Kecil. Alasannya, selain lebih seru apabila Si Kecil terpisah, mama akan lebih mudah mengenalinya.

2. Siapkan Rundown Acara
Kok sepertinya kayak mau menyiapkan sebuah event aja ya, Ma. Tapi ini penting lho, tetapkan apa aja runtutan kegiatan yang akan dilakukan hari itu. Mulai dari jam berapa pergi, kapan harus istirahat, kegiatan apa aja yang akan dilakukan dan kapan pulang. Pastikan semua anggota keluarga mengetahui rencana ini ya, Ma. Jadi pada saat ada kejadian salah satu anggota terpisah, masing-masing sudah tahu harus kemana atau menunggu untuk berkumpul kembali.

3. Latihan Kondisi Genting Untuk SI Kecil
Ini merupakan latihan penting memasuki umur 12 bulan. Latih Si Kecil menghadapi situasi genting. Misalnya pada saat tersesat, siapa yang harus dicari, apakah customer sevice, security atau pihak berwajib lainnya. Latih mereka untuk menyebutkan identitas diri dan menjelaskan situasi yang terjadi.

4. Simpan Foto Terbaru Di Smartphone
Smartphone merupakan device yang sangat berguna untuk mengatasi situasi seperti ini. Sebelum hendak bepergian, pastikan mengambil gambar semua anggota keluarga, khususnya Si Kecil. Sehinga pada saat hal yang tak diinginkan terjadi, Mama atau Papa bisa dengan mudah mengindentifikasi Si Kecil untuk kepentingan pelaporan.

5. Manfaatkan teknologi
Sekarang teknologi makin canggih lho, ma. Ada banyak sekali aplikasi smartphone yang berfungsi sebagai pelacak yang bisa dikaitkan pada Si Kecil. Bisa ditaroh di backpack Si Kecil, atau kantong mereka. Jadi pada saat mereka hilang atau jauh terpisah, mama dan papa bisa dengan mudah melacak mereka.