5 Tips Memberikan 3 Bulan Pertama yang Terbaik Untuk Si Kecil
14 June 2019
1. Berekspresi lewat wajah
Ekspresi merupakan bahasa yang lebih dalam dari bahasa verbal lho, Ma. Dan selama beberapa bulan pertama, itu adalah satu-satunya bahasa antara Mama dan Si Kecil. Coba tatap mata Si Kecil dan berikan respon setiap Ia tersenyum dan lihat reaksinya saat mama tersenyum atau tertawa. Pasti jadi pengalaman yang menyenangkan deh.

2. Berbicara dengan Bahasanya
Di umur 0-3 bulan berbicara dengan bahasa bayi bisa membantu kelancaran komunikasi dengannya lho, Ma. Walaupun terdengar lucu, tapi itu juga merupakan salah satu bentuk komunikasi yang bisa membantu perkembangan memorinya. Coba deh, Ma. Dan jangan heran kalau ternyata Si Kecil bisa menirukan suara-suara yang mama keluarkan.

3. Berikan Sentuhan Lembut
 Di setiap saat, jangan lupa untuk menyentuh Si Kecil secara lembut. Rasakan halusnya kulit Si Kecil sambil sedikit memijat anggota badannya. Selain dari bentuk komunikasi, itu juga membantu menenangkan Si Kecil lho, Ma. Lakukan sesering mungkin khususnya pada saat habis mandi dan hendak tidur.

4. Memberikan Stimulus Kepada Si Kecil
Lakukan ini pada saat sesi bermain dengan Si Kecil, di umur 0-3 bulan permainan adalah pelajaran. Mainan sederhana seperti boneka warna-warni bisa membantu memberikan stimulus kepada Si Kecil sehingga sarafnya mulai bekerja. Gerakan benda berwarna-warni agar Si Kecil mengikuti setiap gerakannya.

5. Latihan Fisik Sedini Mungkin
Apakah latihan fisik harus dimulai setelah besar? Tentu tidak, Ma. Latihan fisik bisa dimulai dari sedini mungkin dengan latihan sesederhana mungkin. Gerakkan tangannya dengan cara merentangkannya. Lakukan sambil bermain dan bernyanyi juga seru lho,Ma.