5 Tips Untuk Mama, Cara Bonding dengan Si Kecil
13 June 2019
Mama tau nggak, menurut penelitian, bayi yang mempunyai ikatan yang kuat dengan ibunya hingga umur 12 bulan, pada saat dewasa akan mempunyai kecerdasan emosional juga dengan orang-orang di sekelilingnya. Ternyata kemampuan kita untuk berempati, mempercayai dan menyelesaikan masalah tergantung bagaimana kita dibesarkan pada saat kita bayi, dan itu semua tergantung dengan bagaimana bonding antara ibu dan bayinya. Nah, berikut 5 tips cara bonding dengan SI Kecil ya, Ma.

1. Memberi ASI
Ini hal yang paling standar, walaupun bukan hal yang mudah juga ya Ma. Jadikan momen memberi ASI kepada Si Kecil sebagai momen menjalin hubungan yang kuat dan bukan sekedar memberi kebutuhan Si Kecil. Mencoba berbicara kepada Si Kecil saat menyusui, menatap matanya dan memberikan sentuhan penuh kasih merupakan upaya untuk bonding dengan Si Kecil.

2. Memberikan Pijatan
Sentuhan fisik merupakan cara yang paling efektif untuk bonding dengan Si Kecil, dan salah satu aktivitas sederhana adalah memberikan pijatan-pijatan kepada Si Kecil. Kegiatan ini bisa dilakukan sehabis mandi ataupun setelah bangun pagi. Memijat Si Kecil bukan cuma relaxing buat bayi tapi juga Mama lho. Belum lagi melihat ekspresi Si Kecil pada saat dipijat. Pasti Priceless sekali deh, Ma.

3. Tidur Saat Ia Tidur
Ini pasti kegiatan yang Mama suka deh. Namanya ibu, apalagi yang baru saja melahirkan pasti kesulitan soal menemukan jam tidur. Nah salah satu kuncinya adalah, tidur pada saat Si Kecil tidur. Aktivitas ini bukan saja memenuhi kebutuhan tidur Mama dan Si Kecil, tapi membangun hubungan yang kuat antara keduanya lho, Ma.

4. Tanggap pada Saat Ia Menangis
Ini problem yang dihadapi setidaknya pada saat 3 bulan Si Kecil hadir. Tangisan. Secara Si Kecil belum bisa berbicara, menangis adalah salah satu bentuk komunikasinya. Saat Ia menangis pasti ada yang Ia butuhkan. Nah, di situlah Mama harus berperan tanggap dalam merespon tangisannya. Ini membuktikan kalau mama akan berada di sana pada saat Ia membutuhkannya. Dan feeling tersebut yang akan membangun hubungan yang kuat antara Mama dan Si Kecil.

5. Skin to Skin
Skin to skin adalah aktivitas yang selalu disarankan para ahli untuk membangun hubungan yang kuat antara bayi dan ibunya. Setelah 9 bulan di dalam perut mama, pada saat Ia lahir kemungkinan besar akan lebih jarang melakukan kontak fisik antara Mama dan Si Kecil. Nah, skin to skin adalah salah satu caranya. Oiya, skin to skin ini juga membantu memperlancar pernafasan bayi dan irama jantungnya lho, Ma.