Musim Liburan Tiba! Ini Tips Travelling Bersama Si Kecil
13 June 2019
Ini adalah momen yang ditunggu-tunggu oleh setiap keluarga di setiap tahunnya. Musim liburan dimana Papa telah mengajukan cuti kantornya, Mama pun telah siap untuk bersenang-senang bersama dengan Si Kecil. Nah, agar liburan lebih lancar dan menyenangkan berikut tips-tipsnya.

1. Jangan Bawa Banyak Barang Si Kecil
Semakin ringan barang bawaan, semakin mudah hidup. Itu aturan sederhana yang harus dipahami sebelum memutuskan untuk travelling. Memang bisa dipahami sebagai orangtua, apalagi seorang Mama, pasti ingin bayi kita tetap berkecukupan dan tidak kekurangan pada saat travelling. Namun, membawa banyak barang, apalagi barang yang tidak penting, bisa mengganggu liburan juga lho, Ma. Kuncinya adalah pandai-pandai memilah barang SI Kecil apa yang benar-benar perlu dan penting, dan tinggalkan aja sisanya.

2. Sleeping Wrap atau Stroller?
Urusan mobilitas Si Kecil pada saat travelling kadang menjadi hal yang sangat penting. Walaupun Si Kecil sudah bisa berjalan namun harus dipikirkan juga skenario apabila ia lelah di tengah perjalanan. Stroller biasanya menjadi pilihan utama. Namun untuk skenario travelling dimana kita pasti bergerak lebih banyak, stroller pasti tidak efisien. Lebih baik membawa sleeping wrap atau gendongan yang secara berat dan dimensi lebih travelling friendly, dan Si Kecil juga lebih nyaman pada saat beristirahat karena ia berdekatan dengan Mama

3.Packing Seringan Mungkin
Ingat ya, Ma. Tujuan mama sekeluarga travelling adalah untuk bersenang-senang, bukan mau pindah rumah. Jadi packing seringan mungkin dan hanya pilih barang-barang yang penting saja. Jangan semuanya dibawa. Barang-barang yang nantinya bisa dibeli di tempat travelling sebaiknya jangan dibawa untuk mengurangi beban packing.

4. Pergunakan Waktu yang Ada untuk memberi ASI
Ini khusus mama yang masih menyusui SI Kecil ya. Yang namanya travelling pasti jadwalnya padat berpindah dari satu tempat ke tempat lain, tapi jangan sampai memberi ASI terbengkalai ya Ma, bahkan apabila ada waktu senggang, mungkin saat berisitirahat, pergunakan sesering mungkin untuk memberikan ASI pada SI Kecil. Ini juga memastikan Si Kecil tetap mendapatkan kebutuhan asupan makanannya.

5. Jangan Bawa Popok Terlalu Banyak
Ini salah satu pertimbangan Mama pada saat hendak travelling. Nanti kalau Si Kecil pipis atau pup gimana ya? Kekhawatiran ini yang akhirnya membuat Mama membawa semua persediaan popok yang ada. Ini sebenarnya tidak perlu, Ma. yang harus mama persiapkan hanya popok pada saat perjalanan. Untuk kebutuhan saat travelling kan bisa dibeli di tempat tujuan. Namun pastikan popok yang mama pilih itu popok yang terbaik ya, Ma. Contohnya seperti Goon dengan beragam fitur yang membuat bayi tetap nyaman.