5 Tips Latihan Membaca Untuk Si Kecil
24 May 2019
Apabila kita sebagai orangtua ingin anak mempelajari sesuatu, action adalah kata kunci yang tepat, Ma. Contohnya skill membaca. Salah satu caranya adalah bagaimana Si Kecil tetap tertarik dengan menjadikan aktivitas ini sebagai sesuatu yang seru. 5 tips di bawah adalah cara agar Si Kecil tertarik terus untuk membaca.

1. Jangan Harap SI Kecil Duduk Tenang
Ma, kebutuhan anak kecil adalah bergerak. Mungkin pada saat sesi membaca bersama Si Kecil, Ia terlihat tidak tenang dan bergerak ke sana ke mari. Jangak khawatir, itu normal ya Ma. Mungkin Ia terlihat tidak fokus, membaca halaman secara acak, tapi mereka tetap mendengarkan kok, dan itu adalah hal yang paling penting.

2. Pilih Buku yang Interaktif
Ini tips paling penting gimana cara menumbuhkan minat baca pada anak. Pilih buku dimana Si Kecil bisa berinteraksi dengan buku tersebut. Interaksi bisa lewat suara atau sentuhan. Apalagi sekarang banyak sekali buku-buku pop-up yang bikin isinya semakin menarik. Dijamin pasti Si Kecil semakin sering membaca.

3. Jadikan Sesi Membaca Menyenangkan
Salah satu caranya adalah pastikan momen membaca dengan Si Kecil durasinya tidak terlalu lama, tidak rumit tapi lakukan sesering mungkin. Perhatian Si kecil pasti masih pendek, dan durasi membaca yang terlalu lama pasti akan membuat dia bosan. Cari buku dengan kalimat pendek dan halaman yang terlalu banyak. Yang pasti isinya tetap harus menarik ya, Ma.

4. Membaca Sekaligus Bertanya
Sesi membaca adalah sesi komunikasi 2 arah ya Ma. Jadi, bukan hanya mama yang membacakan ke Si Kecil, tapi luangkan waktu juga untuk bertanya kepada Si Kecil tentang buku tersebut. Karakter apa yang dia suka, bagaimana menurutnya tentang isi cerita dari buku tersebut dan lain-lain. Dengarkan jawabannya dan pendapatnya ya, Ma.

5. Baca Berulang Kali Buku Favoritnya
Ini tips yang simple tapi sangat ampuh untuk menumbuhkan minat baca di dalam diri Si Kecil. Identifikasi apa buku favoritnya dan baca buku tersebut lebih sering dibanding buku yang lain. Semakin sering membaca, semakin terasah juga skill Si Kecil.