Berkomunikasi Lewat Games Untuk Si Kecil Umur 12 Bulan
17 May 2019
Aktivitas berupa games merupakan sarana belajar paling tepat untuk Si Kecil. Dengan bermain, Si Kecil bukan hanya menjalani aktivitas yang menyenangkan namun ada hal yang bisa dipelajari juga. Apalagi memasuki umur 12 bulan, dimana Si Kecil sudah lebih bisa berinteraksi, pasti tambah seru deh. Nah, apa saja 5 games yang bisa melatih skill komunikasi Si kecil? Ini dia listnya, Ma.

1. Melambaikan Tangan Saat Berpisah
Saat sanak keluarga atau teman datang berkunjung ke rumah, jangan lewatkan untuk melatih skill komunikasi Si Kecil dengan cara melambaikan tangan saat mereka berpamitan pulang. Lambaian tangan tanda berpisah merupakan gesture bersosialisasi yang umum dilakukan, dan Si Kecil bisa mempelajari itu di usia sedini mungkin.

2. Membaca dan Membalik Halaman
Si Kecil pasti punya buku favorit kan, Ma? Coba habiskan waktu bersama Si Kecil membaca buku kesukaannya. Bacakan halaman demi halaman dengan suara lantang dan biarkan Si Kecil membalik halamannya apabila telah selesai. Ini dapat melatih respon dan komunikasi lewat pendengaran Si Kecil.  

3. Menyebutkan Anggota Tubuh
Ini aktivitas klasik orangtua kepada buah hatinya. Ini kelihatannya sepele dan hanya permainan biasa, padahal ini bisa melatih skill mengenali bagian tubuhnya sendiri. Pasti mama dan papa sering bermain “Hidung mana hiduuuung?” atau “Matanya mana matanya?” Ini aktivitas yang bagus untuk skill komunikasi Si Kecil lho, Ma.

4. Mendeskripsikan Kegiatan.
Memasuki usia 12 bulan, sepertinya mama harus mendeskripsikan apa yang mama lakukan saat bersama Si Kecil. Misalnya, pada saat mau mandi, ya mama bilang juga ke Si Kecil “Sekarang mama mau mandiin dede yaa” atau saat memakaikan baju Si Kecil “Hari ini pakai baju yang merah yaa, pasti cantik” Ini sangat membantu Si Kecil dalam memproses dan mengolah informasi yang nantinya akan berguna untuk meningkatkan skill komunikasinya.

5. Menunjuk Suatu Objek
Ini merupakan games dan aktivitas yang bukan hanya meningkatkan skill komunikasi, tapi juga melatih kordinasi tangan dan mata. Caranya, pilih suatu objek yang menarik di sekitar Si Kecil, lalu tunjuk objek tersebut dan ajak Si Kecil untuk menunjuk hal yang sama sambil menyebutkan benda yang termasuk. Ulangi beberapa kali untuk objek yang sama, dan bisa juga dicoba untuk beberapa objek yang lain.