5 Aktifitas Untuk Si Kecil Umur 4 Bulan
10 May 2019
Halo Ma, memasuki umur 4 bulan merupakan masa yang paling menyenangkan buat mama dan juga Si kecil. Di umur ini Si Kecil mulai bisa diajak untuk bermain dan beraktifitas. Nah, kira-kira aktifitas apa aja yang seru dan juga bisa membantu perkembangan Si Kecil.

1. Mengambil Mainan
Biarkan Si Kecil berbaring atau tengkurap lalu ulurkan mainan favoritnya dan biarkan Ia mengulurkan tangannya untuk mengambilnya. Setelah berhasil ia akan terus memegang mainan tersebut serta meremasnya. Ini bagus untuk melatih responnya dan saraf motoriknya. Tapi ingat juga ya ma mainan yang mama kasih kemungkinan besar akan dimasukkan ke dalam mulutnya. Jadi pilih yang aman saja.

2. Berlatih Menegakkan Kepala
Pangku Si Kecil dengan menghadap mama sambil pegang bagian punggung dan leher. Setelah itu, coba alihkan perhatian Si kecil dengan cara membuat suara-suara, menggodanya dan tertawa-tawa, tujuannya agar Ia melihat ke arah ekspresi mama dan menegakkan kepalanya.

3. Tummy Time
Ini aktivitas yang bisa melatih otot perut dan lehernya sekaligus membangun ikatan emosional bersama Si Kecil. Caranya dengan meletakkan Si Kecil dengan posisi tengkurap lalu mama juga berbaring di depannya dan pegang tangannya.

4. Kejar Mainannya
Letakkan mainan berupa bola atau apa pun yang bisa bergulir, seperti bola, di depan Si Kecil. Lalu gulirkan mainannya dan jangan lupa semangati Si Kecil agar mengikuti gerakannya. Ini berguna untuk melatih refleks Si Kecil lho, ma

5. Panggil Nama Si Kecil
Nama Si Kecil kemungkinan besar akan menjadi kata pertama Si Kecil selain “mama” atau “papa” Jadi, sebut namanya sesering mungkin agar Ia bisa mengidentifikasi dirinya sedini mungkin. Saat ngobrol dengannya, saat bernyanyi atau membacakan cerita, jangan lupa untuk menyebutkan namanya.