5 Tips Buat Papa Menghadapi Newborn
03 May 2019
Ma, untuk kali ini artikel dan tipsnya untuk Si Papa ya. jadi, mungkin mama bisa sharing tentang artikel ini kepada Papa, atau membahasnya bersama-sama. Saat Si kecil hadir di tengah-tengah keluarga, perasaan Papa juga pasti tidak tergambarkan ya, Ma. Tapi mungkin saja Papa canggung dan tidak tahu harus berbuat apa kepada Si Kecil, ini wajar ya Ma. Oleh karena itu berikut adalah 5 tips menghadapi newborn untuk Papa.

1. Jangan Takut Untuk Menggendong
Ini perasaan yang wajar terjadi dan dihadapi hampir semua Papa baru. Ragu-ragu untuk menggendong karena takut terjadi apa-apa dengan Si Kecil yang masih lemah dan kelihatannya ringkih. Faktanya adalah, bayi lebih kuat dari yang Papa bayangkan, dan mereka akan memberikan signal apabila sesutu hal yang "salah" terjadi pada saat menggendongnya. Coba aja gendong Si Kecil dengan posisi yang Papa nyaman, pastikan selalu melindungi kepalanya ya. Dan semakin sering papa menggendongnya, akan semakin terbiasa kok.

2. Tangisan Itu Proses Alami
Salah satu hal yang ditakuti Papa baru adalah "gimana kalau Si kecil nangis?" Ketakutan ini biasanya karena Papa melihat bahwa tangisan adalah suatu masalah bagi Si Kecil. Padahal sebenarnya biasa saja. Tangisan adalah satu-satunya bahasa bayi, jadi anggap aja Si Kecil lagi berbicara. Yang perlu dicari tahu adalah kenapa Si Kecil menangis, dan biasanya jawabannya adalah: lapar, pipis/popok basah, atau kepanasan/kedinginan. Dan ingat, tangisan itu tanda kalau bayi itu sehat lho, Pa. Bayi yang normal akan menangis 2 sampai 3 jam sehari.

3. Waktunya Mandi
Nah kalo ini skill yang advance buat Papa. Buat papa yang sudah "jago" dengan bayinya pasti sudah menguasai aktivitas ini. Buat papa yang belum bisa, cobain deh aktivitas memandikan Si Kecil ini, bagus untuk sarana bonding juga lho. Catatan yang paling penting buat papa yang ingin mencoba menguasi skill ini adalah pertama pastikan temperatur airnya pas untuk Si Kecil, yang kedua jangan pernah meninggalkan bayi sendirian saat mandi untuk menjaga dari resiko yang tidak diinginkan. Selain itu, have fun aja ya Pa!

4. Saatnya Makan
Di umur 0-3 bulan, soal "makan" memang menjadi tanggung jawab mama yang sedang menyusui. Tapi bukan berarti Papa tidak bisa berpartisipasi, karena proses menyusui itu tidak semudah yang dibayangkan lho, Pa dan mama sangat butuh support penuh dari Papa. Coba tanya ke mama, ada yang bisa Papa bantu atau tidak, atau mungkin ada yang perlu disiapka. Pastikan Papa selalu hadir di situ.

5. Ganti Popok
Ini pasti aktivitas yang ingin dihindari Papa. Iya kaaan, ngaku deh. Tapi jangan salah, ini juga skill yang wajib dipelajari para Papa lho. Nah, tips yang paling penting mengenai hal ini adalah. Pastikan papa mennganti popok segera setelah Si Kecil Pup atau popoknya telah penuh. Kalau Papa perlu popok dengan kualitas terbaik dan punya berbagai macam fitur yang memberikan kenyamanan bagi Si Kecil, Papa bisa memilih berbagai macam varian dari produk Goon.