5 Milestone Kognitif Si Kecil Umur 12 Bulan
24 April 2019
Si Kecil udah memasuki 12 bulan ya, Ma? Berarti setidaknya ada 5 milestone kognitif yang harus mama perhatikan nih. Namun sebelumnya, apa sih yang dimaksud dengan kognitif? Kognitif adalah kemampuan berpikir dan mencerna informasi untuk memecahkan masalah. Canggih kan, Ma? Nah, berikut 5 checklist milestonenya.

1. Mencoba mencari benda yang mama sembunyikan
Coba deh ajak Si Kecil main “sembunyikan benda” pasti seru. Di umur 12 bulan ini, proses kognitif Si kecil akan berusaha untuk mencari benda yang tersembunyi. Otaknya sudah bisa memproses informasi di mana biasanya benda itu ada dan di mana Ia akan mencarinya pada saat benda itu tidak pada tempatnya.

2. Mengenali karakter binatang
Mengenalkan anak dengan binatang, baik itu melalui gambar ataupun melihatnya secara nyata bisa membantu proses kognitif Si Kecil lho, ma. Di umur 12 bulan Ia akan mulai membuat koneksi suatu binatang dengan karakternya. Misalnya: kumpulkan beberapa boneka binatang kesayangannya, lalu mama bersuara menirukan salah satu binatang dan minta Si Kecil untuk mengambil binatang yang dimaksud. Pasti dia bisa melakukannya.

3. Mengenali namanya sendiri
Setelah selama 12 bulan mama dan papa memanggil namanya, di usia sekarang ini Ia mulai membuat koneksi antara nama tersebut dengan dirinya. Ia mulai mengenali diri sendiri. Coba aja panggil namanya, pasti Ia akan mulai bereaksi. Ini juga merupakan milestone dalam perkembangan proses kognitif lho, Ma.

4. Mulai mengerti konsep sebab akibat
Ini merupaka milestone yang penting untuk proses kognitif  Si Kecil, Ma. Ia mulai bisa berpikir kenapa suatu hal terjadi. Misalnya, bola akan jatuh pada saat dilempar. Di momen ini pula Ia sudah bisa mengukur setiap tindakan yang dilakukannya dan akan lebih berhati-hati. Ini bagus untuk membentuk sistem pertahanan dan keamanan dirinya.

5. Menirukan apa yang dilakukan orang lain
Ini merupakan milestone Si Kecil dimana Ia sudah bisa menyerap informasi tentang apa yang orang lain lakukan lalu Ia merepetisi hal yang sama. Ini merupakan proses perkembangan kognitif yang luar biasa lho, Ma. Coba deh mama melakukan sesuatu yang sederhana dan lihat apakah Si Kecil melakukan hal yang sama. Mama akan kagum dengan apa yang dilakukannya.