Tips Menstimulus Perkembangan Emosi dan Sosial Si Kecil
12 April 2019
Memasuki usia 3 sampai 6 bulan saatnya membangun kepercayaan dan rasa percaya diri yang kuat pada diri Si Kecil untuk membangkitkan sisi sosial dan emosional, melalui beberapa aktivitas berikut. Disimak dan lakukan bersama Si Kecil ya, Ma.

1. Bermain Bersama
Nikmati momen kebersamaan dengan Si Kecil ya, Ma. Perbanyak bermain dengan dia. Kehadiran mama akan membuat dia semakin merasa dicintai, dan perasaan bahwa mama selalu ada di dekatnya merupakan hadiah terbaik mama untuk Si Kecil.

2. Tunjukkan Cinta
Sepertinya ini hal yang mudah, bahwa mama sangat mencintai Si Kecil, karena di usia 3 sampai 6 bulan, Si Kecil terlihat lucu dan menggemaskan. Salurkan dan ekspresikan cinta tersebut sesering mungkin ya, Ma. Ini akan berkontribusi pada pengembangan harga diri Si Kecil bahwa Ia berharga dan sangat dicintai.

3. Peluk Dia Kapan pun Di Mana Pun
Menunjukkan cinta melalui aktivitas fisik sangat membantu mengembangkan sisi emosional pada diri Si Kecil. Peluk dan rangkul Si Kecil sesering mungkin. Bisa menggunakan sling wrap, gendongan, baby bag pack atau apa pun. Si Kecil sangat menyukai perasaan mama ada di dekatnya dan memeluknya.

4. Habiskan Waktu Bersamanya
Ada banyak sekali aktivitas yang bisa dilakukan bersama Si Kecil. Dan serunya, semua aktivitas tersebut berkontribusi kepada pengembangan sisi emosional dan sosial Si Kecil. Mencium, memeluk, menyentuhnya, memijatnya, sampai melakukan yoga untuk bayi bersama-sama. Bikin jadwal dalam seminggu dan pilih aktivitas apa yang akan dilakukan setiap harinya. Atau kalau mau mengikuti mood Si Kecil, boleh juga lho, Ma.

5. Ajak “Ngobrol” Si Kecil
Mungkin tips ini terdengar aneh, karena Si Kecil kan belum bisa bicara. Eits, tapi dia bisa mendengar dan mengerti apa yang mama katakan lho. Jadi, jangan sia-siakan kesempatan ini untuk terus berbicara dengannya. Kasih tau Si Kecil apa yang sedang mama lakukan, apa yang sedang mama rasakan, tunjukkan kepada Si Kecil hal apa yang menurut mama menarik, dia pasti akan amaze dengan apa yang mama lakukan. Asik kan ma, punya teman curhat yang siap mendengarkan kapan pun.