Baru Punya Bayi? Jangan Ragu Meminta Bantuan. Ini 5 Tipsnya!
05 April 2019
Akhirnya Si Kecil pun hadir ke dunia. Sebagai mama yang super dan telah mempersiapkan semuanya mulai dari perlengkapan bayi, jadwal menyusui, dan lain-lain, pasti mama merasa tidak perlu bantuan orang lain dan bisa mengerjakan semuanya sendiri, betul kan ma? Tidak! Mempersiapkan semuanya memang sudah benar, namun biasanya mama baru belum merasakan betapa repot dan ribetnya beberapa minggu pertama setelah melahirkan dan mama pasti butuh bantuan orang lain. Tapi gimana caranya? Berikut 5 tipsnya, ma.

1. Hilangkan Rasa Bersalah Dalam Diri
Banyak yang baru pertama kali menjadi mama, merasakan kesulitan untuk meminta bantuan karena meraka merasa harus bisa melakukan semuanya sendiri karena itu bagian dari tanggungjawabnya. Tidak ma, melakukan semuanya sendiri itu tidak realistis dan mama pati memerlukan bantuan. Coba pilih mana hal yang mama harus lakukan sendiri, misalnya: Menyusui, bonding dengan Si Kecil, istirahat. Selain dari hal tersebut, coba minta bantuan orang lain.

2. Mulai Minta Bantuan
Buat mama yang beruntung tinggal dekat dengan orangtua, saudara atau teman dekat mungkin bisa mulai bertanya apakah mereka mau membantu. Intinya jangan ragu dan sungkan. Kemungkinan besar mereka akan membantu. Dan bantuan sekecil apa pun pasti berguna untuk meringankan tugas mama. Ya kemungkinan sebagian besar dari mereka pasti menawarkan untuk memegang atau menggendong Si Kecil, itu tidak apa-apa juga. Malah bagus, mama bisa istirahat untuk sesaat. Jangan ragu juga untuk meminta bantuah hal lain ya ma.

3. Delegasikan Tugas Kepada Papa
Jangan lupakan Si Papa ya, Ma. Kalau ada orang yang akan senang membantu kita sudah pasti Papa lah orangnya. Minta papa untuk berperan aktif dalam mengurus bayi. Coba untuk berbagi tugas dan mendelegasikan pekerjaan dalam mengurus Si Kecil. Tapi ingat Ma, biarkan papa mengerjakannya dengan caranya sendiri. Dengan begitu nantinya Ia akan lebih percaya diri dalam mengerjakannya.

4. Jangan Ragu Menerima bantuan
Kadang kita mengira pada saat orang berkata “Kalau perlu bantuan bilang aja ya” pasti hanya basa-basi. Padahal bisa jadi mereka serius lho, ma. Percaya deh, Ma. Punya bayi umur 0-3 bulan pertama, itu saatnya mama harus banyak bilang “iya” pada setiap tawaran bantuan yang datang. Dan bantuan sekecil apa pun pasti berharga. Mulai dari memegang bayi, memandikan, sampai mengajak bermain, langsung bilang “iya” aja, ma dan tidak usah ragu.

5. Saat Tidak Ada Bantuan Sama Sekali
Nah, gimana kalau kita tidak tinggal dekat keluarga, atau teman. Mungkin mama sekeluarga merantau yang jauh dari keluarga dan teman. Apa yang bisa kita lakukan di masa yang sangat sibuk sekali ini? Pertama, tentu aja meminta bantuan tetangga kita. Atau kalau memang harus melakukan semuanya sendiri, buat jadwal dan to do list agar semua pekerjaan bisa dilakukan sesuai dengan waktunya. Tapi tetap ingat hal yang paling penting untuk dilakukan tetap lah menyusui, istirahat dan bonding bersama Si Kecil, Ma. Apalagi di umur 0-3 bulan ini, jangan sampai momen penting tersebut lewat hanya karena mama terlalu sibuk dengan pekerjaan rumah lain.