Baru Menjadi Ibu? Ini 5 Tipsnya, Ma
30 March 2019
Menjadi orangtua baru memang tidak mudah, ma. Seiring dengan perubahan “status” yang terjadi pasti banyak banget tips, nasihat, saran dari berbagai pihak. Kadang semua itu bukannya membantu memudahkan, jadinya malah bikin bingung. Nah, berikut adalah 5 tips langsung dari para ibu lain dan juga expert tentang bagaimana menjalani peran baru yang mama akan jalani.

1. Hidup Untuk Saat Ini
Seiring dengan perubahan peran yang mama jalani, pasti checklist yang harus dikerjakan semakin bertambah. Ini yang kadang membuat mama khawatir secara berlebihan dan akhirnya tidak bisa menikmati momen dengan Si Kecil. Coba untuk relax ya, ma. Mama harus lebih pintar dalam mengatur waktu. Bikin to do list, setelah itu nikmati momen-momen berharga bersama Si Kecil yang tidak akan terulang lagi.

2. Santai Soal Makanan
Ini kekhawatiran mereka yang menjadi mama baru. Takut Si Kecil kekurangan asupan makanan, panik karena Si Kecil tidak mau makan dan lain-lain. Tenang saja, ma. Aktivitas makan adalah proses yang alami. Si Kecil akan mengirimkan signal pada saat dia lapar dan membutuhkan makanan. Jadi, jangan terlalu khawatir ya.

3. Kenali Betul Karakter Si Kecil
Setiap anak akan hadir dengan karekter yang berbeda. Mereka akan datang dengan kombinasi keunikan dan tantangan yang berbeda. Coba kenali mereka sedini mungkin sehingga seiring dengan waktu kita bisa menjadi orangtua yang sesuai dengan yang mereka butuhkan.

4. Kerjasama Dengan Papa
Selalu ingat ya Ma kalau mama punya partner yang bisa diandalkan yaitu Papa. Bagi tugas dengan papa, percayakan dia untuk mengambil alih tugas mengurus Si Kecil seperti memandikan, membacakan buku, bermain dan lain lain. Percayalah, mengurus Si Kecil bersama dengan partner akan lebih mudah.

5. Menjadi Ibu Bukan Kompetisi
Salah satu hal yang menjadi “perangkap” pada saat memasuki dunia orangtua adalah kecenderungan untuk berkompetisi dengan ibu-ibu lainnya. Hindari itu ya, ma. Kita sebagai ibu bukan atlet, dan anak bukan trophy. Setiap anak mempunyai jalannya masing-masing dan orangtua punya cara masing-masing. Fokus saja ke perkembangan Si Kecil dan nikmati setiap perubahan-perubahan yang terjadi.