Apa yang Dibutuhkan Si Kecil Di Usia 12 Bulan? Ini Dia, Ma!
22 March 2019
Walaupun sudah memasuki usia yang beranjak besar, tapi di umur hingga 12 bulan, aktifitas Si Kecil masih akan berputar di makan, tidur dan bermain. Namun karena Si Kecil bukan lagi newborn sudah pasti porsinya akan mengalami penyesuaian. Nah, kira-kira apa aja yang dibutuhkan Si Kecil menyangkut makan, bermain dan tidur tersebut? Silahkan disimak artikelnya, Ma

1. Makanan Padat 3 Kali Sehari
Yes mulai dari umur 6 bulan, Si Kecil sudah saatnya diperkenalkan dengan makanan padat ya, Ma. Dan diumur 12 bulan ini, saatnya juga mengenalkan dengan jadwal makan layaknya orang dewasa yaitu 3 kali sehari. Berikan Si Kecil berbagai variasi makanan padat dan tambah sedikit porsinya pada makanan yang benar-benar Ia sukai.

2. ASI
Walaupun Si Kecil masih membutuhkan ASI setidaknya hingga umur 24 bulan, namun di umur segini, kita harus pintar dalam menakar porsinya lho, Ma. 22 hingga 32 ons ASI dalam kurun waktu 24 jam merupakan porsi yang pas. Kalau lebih dari itu dikhawatirkan akan menurunkan selera makan Si Kecil atas makanan lainnya. Sedangkan Ia sangat membutuhkannya. Jadi, pintar-pintar dalam memberikannya ya, Ma.

3. Tidur yang Cukup
Pasti mama sudah tahu bahwa semakin Si Kecil beranjak dewasa, semakin sedikit jam tidurnya. Nah di umur 12 bulan ini, seharusnya Si Kecil tidur tidak lebih dari 14 jam sehari. Ini sudah termasuk tidur malam dan istirahat siang ya, Ma. Nah silahkan dijadwalkan sesuai dengan aktivitas Si Kecil deh, Ma.

4. Bermain & Belajar
Seiring dengan skill individu yang semakin berkembang, aktivitas bermain dan belajar akan semakin bervariasi juga. Sempatkan untuk bermain dan belajar (atau keduanya sekaligus) dalam beberapa jam sehari ya, Ma. Ini berfungsi untuk melatih saraf sensorik dan motoriknya agar Ia bisa mengembangkan lebih banyak skill dan kemampuan lagi.

5. Penuhi Kebutuhan Popok
Semakin beranjak besarnya Si Kecil, kebutuhan popok pun semakin berkurang karena intensitas buang air akan menurun pula. Berbeda waktu newborn dimana Mama harus menyiapkan hingga 12 popok ganti dalam sehari, diumur 12 bulan ini kebutuhannya menurun hingga kira-kira 8 popok saja dalam sehari. Tapi ingat, bukan berarti bisa sembarangan pilih popok ya, Ma. Selalu pilih Goon, popok berkualitas dengan berbagai macam fitur andalan yang akan membuat Si Kecil nyaman dalam menjalani aktivitas