Ini yang Terjadi Pada Si Kecil di Trimester Keempat (3-6 bulan)
16 March 2019
Memasuki usia 3 bulan, Si Kecil akan mulai tersenyum, mulai berbicara dengan bahasa bayi dan yang paling menyenangkan berinteraksi dengan sekelilingnya dan mennujukkan “kepribadiannya” Kira-kira apalagi yang akan terjadi dengan Si Kecil di usia 3-6 bulan, pastikan mama memantau terus ya.
 
1. Teething
Ini fase yang lumayan menantang bagi mama dan papa. Walaupun kadang lucu melihat Si Kecil ngiler karena memasuki fase teething, tapi jangan salah ma, di fase ini juga Si Kecil akan mulai menunjukkan emosinya. Pastikan mama menyiapkan baby teether untuk kebutuhannya ya, ma.
 
2. Terikat oleh suatu barang
Walaupun sepertinya usianya masih kecil, tapi jangan salah lho, ma Si Kecil akan mulai memiliki koneksi personal dengan barang yang disukai, apakah itu mainannya, guling favorit, boneka kesayangan, atau selimut yang menjaganya tetap hangat di malam hari. Coba perhatikan, apa barang favoritnya dia, dan jaga baik-baik ya ma
 
3. Menikmati Musik
Jangan dibayangkan Si Kecil nonton konser sendiri melihat artis favoritnya ya, ma. Tapi di usia 3-6 bulan, Si Kecil akan mulai menikmati alunan nada dan irama dan musik yang terdengar. Ini penting juga buat perkembangan sarafnya lho, ma. Kalau mama dan papa ada dana yang lebih boleh juga tuh didaftarkan kelas-kelas musik untuk toddler.
 
4. Menyukai Bacaan
Salah satu aktivitas yang disarankan oleh para ahli di umur segini (bahkan lebih muda dari ini) adalah membacakannya buku. Walaupun mungkin Si Kecil belum mengerti apa jalan cerita dari buku tersebut, tapi dari quality time yang dihabiskan mama dan papa saat membacakannya buku itu akan melatih perkembangan otaknya lho, Ma. Coba aja deh bacakan Si Kecil salah satu buku yang mama anggap menarik. Pasti Ia akan menyukai rutinitas itu.
 
5. Banyak Beraktifitas
Salah satu hal paling menyenangkan dengan beranjak “dewasa” dan bertambahnya usia Si Kecil adalah, kita bisa lebih banyak melakukan aktivitas bersama Si Kecil. Dan aktifitas-aktifitasnya pun bisa bervariasi dan tidak itu-itu aja. Mulai dari roleplaying bersama boneka favoritnya, lalu main sembunyikan mainan, Menirukan ekspresi dan lain-lain. Mama biasanya main apa bersama Si Kecil?