Ma, Ini Dia 5 Tips Untuk Merawat Si Kecil Umur 5 Bulan
15 February 2019
Merawat bayi yang sudah memasuki umur 5 bulan pastinya lebih mudah dibanding dengan Si Kecil yang baru lahir. Tapi jangan salah, bukan berarti tugas yang gampang juga lho, ma. Justru semakin bertambahnya usia, semakin besar tantangan untuk menjaganya. Nah, berikut 5 tipsnya ya, ma

1. Asupan Makan dan Tidur adalah Kuncinya
Di umur 5 bulan ini, biasanya SI Kecil sudah bisa berkomunikasi kapan saatnya Ia lapar dan ngantuk. Jadi kalau sebelumnya mama punya jadwal makan yang lumayan ketat, mungkin sekarang saatnya melonggarkan dan hanya memberikan makan pada saat Ia memintanya. Di umur ini pula saatnya memisahkan aktivitas makan dengan tidur. Sebelumnya pasti mama suka memberikan ASI hingga Si Kecil tertidur kan? Nah sekarang, coba pisahkan 2 aktivitas tersebut, ma

2. Saatnya Menjaga Kesehatan dengan Cara Preventif
Di umur 5 bulan ini kan sedang padat-padatnya jadwal vaksin dan imunisasi ya, ma? Jangan lupa untuk konsultasikan dengan dokter mengenai jadwalnya ya, ma. Jangan sampai ada yang telat. Kalau perlu pasang alarm di hape mama. Masih soal kesehatan, rumah yang bersih itu penting, tapi jangan terlalu super higienis juga ya, ma agar Si Kecil bisa membangun imunitas yang lebih baik.

3. Jadikan Rumah Tempat Paling Aman untuk Si Kecil
5 bulan memang saatnya Si Kecil memulai petualangannya menjelajahi dunianya. Merangkak untuk menuntaskan rasa ingin tahunya adalah aktivitas sehari-hari yang mulai dilakukannya. Mama sudah Baby-proofing di sekitar rumah kan? socket listrik sudah diamankan? Lalu pinggiran-pinggiran yang tajam sudah dibuat baby-proof, kan Ma? Ini penting agar Si kecil tetap aman dengan aktivitas yang dilakukannya. Walaupun, mama dan papa tetap harus mengawasinya ya.

4. Bantu Si Kecil untuk Mulai belajar Duduk
Leher bayi di usia 5 bulan sudah cukup kuat untuk menopang kepalanya. Ini saat yang tepat untuk mengajarinya untuk duduk, ma. Caranya bisa menggunakan bantal untuk menopang punggungnya dan bisa duduk dengan lurus. Lakukan di permukaan yang empuk dan lembut, sehingga apabila jatuh, Ia tetap aman.

5. Bermain Dengannya
Mama tahu tidak, kalau di umur segini, Si Kecil mulai mengenali mama dan papa sebagai individu. Biarkan dia mengenal lebih jauh dengan cara menghabiskan waktu dan bermain bersamanya. Cilukba atau permainan sederhana lainnya bisa membantunya menjalin ikatan emosional dengan mama dan papa. Bisa juga dengan mulai memperkenalkannya kepada warna dan bentuk. Pasti Ia makin pinter deh, ma.