Aktivitas Sederhana Untuk Si Kecil Umur 6-12 Bulan? Ini alternatifnya!
25 January 2019
Melakukan aktivitas bersama Si Kecil tidak semata berpengaruh ke perkembangan fisik, tapi yang paling penting juga mempengaruhi kecerdasan mereka. Di umur yang memasuki periode 6 sampai 12 bulan papa dan mama sudah bisa mengharapkan Si Kecil melakukan banyak aktivitas yang akan mempengaruhi tumbuh kembang mereka ke depannya. Apa aja aktivitas seru tersebut? Ini dia pilihannya, ma

1. Bermain dengan Musik
Sudah banyak sekali studi yang menunjukkan hubungan yang positif antara musik dan perkembangan kognitif bayi. Jadi, coba mulai perkenalkan Si Kecil dengan musik. Dan tidak harus melulu musik untuk bayi lho, ma. Bisa juga musik favorit mama atau papa. Coba dengarkan musik disertai dengan gerakan tangan mengikuti irama. Ini merupaka aktivitas yang akan menstimulasi perkembangan kecerdasan Si Kecil.

2. Permainan Interaktif
Di periode 6 sampai 12 bulan Si Kecil sudah bisa merespon segala stimulus yang diberikan. Ini saat yang tepat untuk melatih respon motoriknya. Aktivitasnya pun bisa dipilih yang sederhana saja, misalnya: mengulurkan tangan hingga Si Kecil menyambutnya, memberikan barang agar Si Kecil merasakan teksturnya, bertepuk tangan agar Si Kecil menirukannya. Walaupun terlihat sederhana tapi sangat bermanfaat untuk perkembangannya lho, ma.

3. Mencari Benda
Ini permainan simple yang akan membantu Si Kecil mengembangkan skill kognitif dan problem solvingnya lho, ma. Caranya dengan mengajak Si Kecil untuk menemukan benda yang disembunyikan. Contohnya: ambil mainan favorit Si kecil, lalu sembunyikan separuhnya saja di bawah selimut atau penutup lainnya. Kemudian, ajak Si Kecil untuk menemukannya “Wah mainan dede mana yaaaa? Cari yuk” Ini permainan yang menyenangkan sekaligus bermanfaat untuk perkembangan Si Kecil.

4. Menumpuk Barang
Coba kumpulkan beberapa gelas plastik, lalu ajak Si Kecil untuk menumpuknya secara bergantian dengan mama atau papa sampai tumpukan gelas tersebut jatuh. Kalau mau lebih seru lagi, ajak Si kecil berkompetisi dengan mama atau papa dalam menumpuk gelas dan lihat siapa yang lebih cepat. Aktivitas ini berguna untuk mempelajari sebab-akibat dan melatih syaraf motorik.

5. Membaca Buku Cerita
Ini aktivitas umum yang sayangnya sering dilupakan mama dan papa. Aktivitas membaca memang sebaiknya dilakukan sejak baru lahir bahkan kadang waktu masih di dalam kandungan. Tapi membaca buku cerita di saat Si kecil berumur 6 sampai 12 bulan ini justru lebih seru karena Si Kecil sudah bisa merespon informasi yang masuk. Pilih saja buku favorit Si Kecil dan coba bacakan sebelum tidur.