5 Hal yang Harus Diketahui Mama Soal Tidur Bayi 3-6 Bulan
18 January 2019
Salah satu aktivitas bayi yang sepertinya sederhana namun ternyata banyak juga yang harus mama ketahui. Ya, apalagi kalau bukan tidur. Sepertinya sepele ya, tapi jangan salah, soal tidur ini ada ilmunya juga lho, ma. Berikut 5 hal yang harus mama ketahui soal tidur, khususnya untuk Si Kecil yang berumur 3 sampai 6 bulan.

1. Jam Tidur yang Sudah Terbentuk
Di umur segini, Si Kecil sudah bisa membedakan antara siang dan malam lho, ma karena jam biologisnya sudah terbentuk. Di tahap ini pula pola tidurnya juga telah terbentuk. Si Kecil memerlukan sekitar 14 jam tidur dalam sehari. Di umur 4 bulan, Si Kecil sudah bisa tidur selama 8 jam nonstop pada malam hari. Lumayan kan, mama bisa istirahat juga, tapi tetap harus waspada dan berjaga-jaga akan kebutuhannya ya, ma.

2. Saatnya Pindah Kamar?
Ini tahap di mana Si Kecil dirasa sudah terlalu besar untuk tempat tidur bayinya. Mungkin memang saatnya Ia pindah ke kamarnya sendiri dimana Ia bisa tidur tanpa gangguan dan dengan kondisi yang lebih sesuai. Kalau selama ini Mama, Papa dan Si Kecil masih tidur di satu kamar. Mungkin ini saatnya, Si Kecil mulai diajarkan tentang kemandirian, dan bermula dari tidur sendiri. Tapi kalau mama belum siap juga nggak pa apa lho, ma. Tunggu saja sampai mama siap.


3. Konsistensi Adalah Kunci
Mama tahu tidak kalau anak kecil itu membutuhkan rutinitas, ma. Jadi penting banget untuk mempunyai jam tidur yang fix. Secara jam biologis Si Kecil juga sudah terbentuk, pas sekali untuk membuat jam tidur untuk melatih kedisiplinan mereka. Si Kecil yang cranky pada jam-jam sore menjelang malam biasanya disebabkan Ia yang telah lelah tapi belum mempunyai waktu tidur yang fix. Jadi, segera tetapkan jam tidur dan jalankan secara konsisten ya, ma.

4. Tidur Siang Itu Penting, Tapi Tidak Mudah
Si Kecil biasanya tidur siang berapa lama, ma? 30 Menit? Atau kurang? Itu tidak cukup lho. Yang penting dari tidur siang adalah durasinya yang cukup dan jadwalnya yang fix. Tapi memang tidak mudah. Bayi, layaknya, orang dewasa mempunyai kesulitan tidur di kondisi yang terang, ditambah bayi belum mempunyai kemampuan untuk switch ke mode istirahat. Mereka cenderung memilih untuk aktif dan bermain. Tapi tidur siang juga penting, karena bayi yang tidak tidur siang akan kesulitan untuk tidur malam karena kondisinya terlalu lelah untuk tidur. Jadi, mulai dibiasakan untuk tidur siang ya, ma.

5. Siasati Masalah Si Kecil yang Khawatir Berpisah
Ini sering disebut dengan “separation anxiety” dimana Si Kecil akan merasa khawatir apabila berpisah dengan mama di saat tidur. Ini normal kok, ma. Khususnya hingga usia 6 bulan. Ajari Si Kecil untuk menenangkan dirinya sendiri, buat dia merasa aman dengan cara menggantikan mama dengan barang yang Ia suka. Bisa boneka atau selimut kesayangan. Oiya, persiapkan juga segala kebutuhan tidurnya agar Ia tidak terbangun tengah malam ya, ma. Salah satunya dengan Goon Premium Pants yang cocok untuk Si Kecil dan menjaganya tetap kering hingga pagi hari.