5 Hal Tentang Bayi Yang Baru Lahir
13 January 2019
Setuju tidak ma, kalau bayi adalah sarana belajar terbaik bagi orangtua. Apalagi yang baru saja menjadi orangtua, wah pasti akan banyak pelajaran yang didapat. Dan namanya belajar pasti ada hal-hal tentang bayi yang mungkin tidak kita mengerti dan terasa asing bagi kita. Artikel dan tips praktis ini mungkin bisa membantu mama tentang hal-hal yang harus diketahui dari bayi yang baru lahir. Disimak yuk, ma.
 
1. Mandi Dengan Sponge Sampai Tali Pusarnya Copot
Tali pusar copot adalah momen yang ditunggu dari bayi yang baru lahir, tapi selama itu belum terjadi, lebih baik Si Kecil dimandikan menggunakan sponge atau dilap saja ya, ma. Karena apabila tali pusar terjaga dengan tetap kering, Ia akan lebih cepat copot. Lagian, bayi tidak perlu mandi sampai basah karena badannya masih bersih. Apabila tali pusarnya sedikit basah, keringkan segera ya, ma.
 
2. Menunggu Senyuman Si Kecil? Tunggu Sekitar 6 Minggu
Siapa sih yang tidak gembira dan bahagia saat Si Kecil Tersenyum, itu pasti momen yang ditunggu-tunggu oleh mama dan papa. Tapi kemungkinan itu tidak akan terjadi hingga minggu keenam lho, ma. Sebelum itu, mungkin ia hanya akan menjadi “si bos galak” yang cukup demanding, mulai dari nangis karena lapar atau tidak nyaman karena popoknya basah. Tapi jangan berhenti untuk terus memberikan stimulus kepada si kecil ya ma. Pokoknya saat si kecil pertama kali tersenyum itu akan menjadi momen yang sangat berharga.
 
3. ASI Untuk Si Kecil Cukup Tidak Ya?
Bayi perlu makan setiap 2 sampai 3 jam. Namun di masa menyusui, akan sangat sulit untuk mengetahui sudah seberapa banyak ia minum ASI dan apakah cukup atau tidak untuk perkembangannya.
Berat badan bayi adalah indikator terbaik apakah Ia mendapatkan porsi ASI yang seharusnya atau tidak. Jangan lupa cek ke dokter anak ya, ma. Pergantian popok juga bisa menjadi indikator apakah Ia cukup ASI atau tidak.
 
4. Kulit Kering? Itu Normal
“Kok bayiku kulitnya kering ya?” Mungkin itu pertanyaan mama melihat kulit Si Kecil. Tenang, ma. Itu normal. Setelah selama sembilan bulan berada di dalam cairan dalam rahim mama, saat kulitnya bersentuhan dengan udara luar, pasti kering. Tenang ma, dan tidak ada hal yang harus mama lakukan. Ya kalau mama sedikit khawatir, bolehlah pakai sedikit baby lotion.
 
5. Menangis Adalah Cara Komunikasi Bayi
Ini sebenarnya  wajar saja, ma. Manusia kan perlu berkomunikasi untuk menyampaikan pesannya, dan itu dilakukan dengan berbicara. Nah, karena bayi belum bisa berbicara, satu-satunya cara dia untuk berkomunikasi adalah dengan menangis. Si Kecil akan menangis pada saat dia mau makan, saat popoknya sudah basah dan lain-lain. Jangan khawatir ma, seiring dengan waktu akan terbiasa kok dan mama akan mulai lebih mengerti tentang arti tangisan tersebut