Si Kecil Takut Tidur Malam? Ini 5 Tips Mengatasinya
30 November 2018
Salah satu masalah yang dihadapi oleh mama dan papa tentang tidur Si Kecil adalah ketakutannya untuk tidur malam. Si Kecil yang mulai beranjak besar dan self-consciousnessnya mulai terbangun biasanya takut untuk tidur dan menghadapi malam. Wajar saja sih, apalagi kalau memang sudah pisah kamar, dan tidur dalam keadaan cahaya yang redup. Lalu apa yang harus kita lakukan sebagai orangtua untuk mengatasi hal tersebut? Ini 5 tipsnya.

1. Dengarkan dan Pahami
Hal pertama yang harus mama dan papa lakukan adalah sesimpel mendengarkan kekhawatirannya. Pahami bahwa Si Kecil sedang menghadapi masalah dan kita sebagai orangtua ingin membantunya mengatasi masalah tersebut. Jangan dijadikan becandaan dan jangan diremehkan. Temani dan dengarkan kekhawatirannya, ma.

2. Ajarkan Cara Mengatasinya
Poinnya di sini adalah berkomunikasi dan mencari cara mengatasinya, bersama-sama dengan Si Kecil. Berikan petunjuk gimana caranya menjadi pemberani, mencoba mencari tahu apa sebenarnya yang membuat Ia takut lalu memastikan bahwa semuanya akan aman-aman saja. Ceritakan tentang kisah seorang anak yang pemberani yang berhasil mengatasi rasa takutnya.

3. Bermain Di Kegelapan
Ini salah satu cara yang praktis sekaligus seru untuk mencoba mengatasi rasa takut. Biasanya ketakutan Si Kecil untuk tidur malam disebabkan karena faktor malam yang gelap. Itu pun dipacu karena kondisi tersebut belum familiar buat mereka. Caranya adalah dengan bermain-main di kegelapan. Misalnya main “mencari objek dengan senter” Apabila sudah terbiasa dengan kegelapan, setidaknya mengurangi satu faktor alasan kenapa Si Kecil takut untuk tidur malam

4. Benda Kesayangan
Keamanan merupakan salah satu hal untuk mengendalikan rasa takut. Salah satu hal yang membuatnya bisa merasa aman adalah keberadaan barang favorit di sebelahnya. Bentuknya pun biasanya macam-macam. Bisa boneka kesayangan, bantal favorit dll. Intinya, apa pun bedanya, itu akan membuatnya merasa relax dan tenang sampai akhirnya tertidur

5. Hindari Acara TV yang Menyeramkan Sebelum Tidur
Apa pun yang dilihatnya sebelum tidur malam, itu akan menjadi stimulus untuk otaknya. Sajian acara yang menyeramkan dapat membuat Si Kecil takut untuk tidur, dan pada saat telah terlelap tidur, bukan tidak mungkin Ia terbangun karena mimpi yang buruk.

Apa pun tips yang dicoba agar Si Kecil tidak takut untuk tidur malam, pastikan mama selalu mempersiapkan keadaan yang terbaik agar Si Kecil tidak terbangun di tengah malam, seperti popok GOON dengan berbagai macam fitur yang menjaga Si Kecil hingga pagi hari.