Tips Tidur Bayi Secara Saintifik
16 November 2018
Bayi dan aktivitas tidur selalu menjadi topik yang patut diperbincangkan. Sudah menjadi rahasia umum bahwa problem utama bayi adalah sulit tidur. Dan menyangkut kita sebagai orangtua, apa pun masalahnya pasti hasilnya sama: orangtua yang kurang tidur dan berusaha mencari jawaban atas masalah tersebut.
 
Apa yang sebaiknya orantua lakukan? Salah satunya adalah mempelajari aspek saintifik dari aktivitas tidur. Saat papa dan mama mengerti bagaimana, kenapa, dan kapan bayi tidur, selanjutnya tinggal menyusun strategi yang terbaik agar semuanya berjalan dengan lancar.
 
Berikut adalah 5 tipsnya
 
1.Bayi Baru Lahir? Program Jam Biologisnya
Menurut sains, bayi juga punya circadian rhytms, yaitu proses biologis yang berlangsung selama 24 jam. Ini yang disebut sebagai “jam biologis” masalahnya, pada saat lahir jam ini belum terprogram dengan baik. Latih bayi agar jam biologisnya terprogram. Pada saat siang hari, paparkan pada sinar matahari dan akvitas yang padat. Sebaliknya pada malam hari, khususnya pada saat tidur, jangan memakai cahaya buatan seperti lampu, agar jam bilogis bayi bisa terprogram dan tahu kapan waktunya untuk berisitrahat
 
2. Gunakan bola lampu atau filter yang menghalau cahaya biru
Tidur dalam keadaan gelap gulita memang sudah terbukti oleh sains dapat meningkatkan kualitas tidur, masalahnya buat kebanyakan orang, ini adalah bukan pilihan karena tidak terbiasa tidur dengan keadaan gelap total. Kalaupun harus tidur dengan chaya, salah satu caranya adalah mengganti bola lampu dengan temperatur yang lebih hangat, bola lampu ini biasanya dapat menghalau spektrum cahaya wang berwarna biru yang memang terbukti menganggangu pola tidur kita.
 
3. Bantu bayi mendapatkan kenyamanan
Kita saja sebagai orangtua kadang tidak bisa tidur pada saat kita khawatir, marah, sedih dan lain-lain.Begitu juga dengan bayi, Sebelum tidur, perlahan-lahan pastikan bahwa bayi merasa aman, tentram, senang dan merasa dicintai. Kondisikan ruangan dan pakaiannya agar Ia bisa berisitirahat dengan nyaman. Misalnya dengan memakaikan popok Goon dengan berbagai macam fitur yang lengkap dan membuat bayi tidur lelap sepanjang malam.
 
4. Si Kecil belum ngantuk? jangan dipaksa tidur.
Memaksanya untuk tidur tidak akan membuatnya mengantuk. Yang ada malah jadi lebih bangun. Jangan sampai Si Kecil mengasosiasikan waktu tidur malam dengan sebuah konflik hanya karena mama memaksanya untuk tidur. Waktu tidur malam adalah salah satu momen paling pas untuk bonding secara emosional dengan Si Kecil. Tunggu saja sampai Ia mengantuk sebelum akhirnya masuk ke kamar tidur.
 
5. Hati-hati dengan TV dan elektronik lain sebelum tidur.
Salah satu alasan kenapa sebaiknya tidak ada TV atau elektronik di kamar tidur adalah karena alat-alat tersebut menganggu rutinitas tidur kita. Cahaya yang dipancarkan oleh alat elektronik seperti TV akan membuat kita kesulitan untuk tidur. Menurut penelitian, untuk setiap 2.5 menit bayi menonton televisi, akan mendapatkan tambahan 5 menit extra untuk bisa tertidur. Jadi, tolong dibatasi konsumsi elektroniknya ya, ma