5 Tips Agar Balita mama Mau Mencoba Makanan
02 November 2018
Susah makan pada balita adalah salah satu masalah klasik yang pasti ditemui oleh para mama. Kalau pun tidak mengalami masalah susah makan, pasti menu yang ingin disantap hanya yang itu-itu saja. Di umur 1-3 tahun memang preferensi rasa mereka masih berkembang, jadi memang wajar kalo mereka tidak tertarik dengan menu yang baru, dan lebih memilih rasa dari menu yang sudah mereka familiar saja. Perlu waktu untuk menyesuaikan lidah mereka dengan bentuk, rasa dan tekstur makanan yang baru. Untuk itu, berikut adalah 5 tips bagaimana agar Si Kecil tertarik untuk mencoba makanan baru.

1. Sandingkan Menu baru dengan Menu Favoritnya
Melihat menu favoritnya terhidang di meja, akan membuat Si Kecil tidak terlalu takut dengan menu baru yang akan dicoba. Jangan lupa juga untuk menyemangati Si Kecil untuk mencoba menu baru tersebut ya, ma. Kalau pun, Ia tidak suka Ia tetap bisa makan menu favoritnya dia yang biasa, dan mama bisa mencoba cara ini lagi keesokan harinya.

2. Jangan Memaksa
Kita saja orang dewasa tidak suka dipaksa, begitu pun dengan anak kecil. Untuk urusan makanan, seharusnya juga begitu ya, ma. Balita memang biasanya keras kepala, cara yang paling efektif adalah dengan membiarkannya menentukan apakah mau mencoba menu baru tersebut atau tidak. Jangan lupa juga memujinya kalo dia berani mencobanya ya, ma.

3. Porsi Sedikit Sudah Cukup.
Porsi yang besar akan terlihat sebagai intimidasi buat Si Kecil untuk menghabiskannya. Mulai dari porsi kecil saja dulu, ma. Lihat apakah dia tertarik untuk mencobanya atau tidak. Kalau pun Ia tertarik mama bisa memberikan yang lebih lagi.

4. Mama Coba Juga Dong
Mama tau kan kalo mama adalah favoritnya Si Kecil, Ia ingin seperti mama dan mencoba apa pun yang mama lakukan. Jadi, kalau mama senang mencoba hal-hal baru, termasuk menu makanan, Ia pasti ingin mencobanya juga. Tunjukkan ke Si Kecil kalo mencoba makanan baru itu enak dan menyenangkan.

5. Coba Lagi, Coba Terus
Mencoba sesuatu yang baru itu bukan sesuatu yang instan lho, ma. Apalagi urusan makanan Si Kecil. Jangan harap, Ia sekali mencoba makanan  lalu langsung suka. Ini proses yang harus dilakukan terus menerus, apabila dilakukan secara konsisten Si Kecil akan menjadi petualang rasa yang yang mencoba makanan apa pun yang dihidangkan. Jangan menyerah ya, ma