Sukses Travelling Bersama Bayi? Ini Tipsnya
19 October 2018
Tidak terasa sebentar lagi kita akan kembali memasuki musim liburan akhir tahun. Biasanya rencana untuk bepergian bersama seluruh keluarga, telah dipersiapkan secara matang. Untuk keluarga dengan anak yang sudah besar, 5 tahun ke atas misalnya, mungkin akan lebih mudah karena mereka sudah sanggup untuk mandiri dan bisa mempersiapkan kebutuhannya sendiri. Namun, untuk mama papa yang mempunyai bayi, sudah pasti harus melakukan persiapan-persiapan khusus agar acara travelling berjalan dengan lancar. Jangan takut, ma. Berikut adalah 5 tips travelling bersama Si kecil.

1. Minimalisir Barang Bawaan
Biasanya pada saat travelling dan jauh dari rumah, khususnya bersama bayi, kita sangat khawatir akan kekurangan sesuatu hal. Ini menyebabkan kita mempersiapkan barang-barang secara berlebihan, padahal mungkin tidak semuanya diperlukan. Kuncinya sebenarnya ada di perencanaan yang matang. Mulai dari lama pergi sampai aktivitas apa yang akan dilakukan. Setelah tau jadwal, baru kita membuat daftar barang2 apa saja yang memang diperlukan, mana yang tidak. Dengan barang bawaan yang sedikit, kita akan leluasa bergerak dan menikmati perjalanan kita bersama keluarga.

2. Sleeping Wrap Lebih Praktis dari Stroller
Biasanya dua perangkat ini yang jadi pilihan untuk kebutuhan mobilitas pada saat travelling. Walaupun punya kelebihan dan kekurangan masing-masing, sleeping wrap lebih cocok dibawa pada saat travelling. Pertama karena bentuknya yang compact, hanya berbentuk kain, dibanding stroller yang perlu tempat khusus di bagasi mobil. Yang kedua, Si Kecil akan lebih senang tidur di sleeping wrap dibanding stroller karena Ia akan merasa lebih dekat dengan mama. Dari segi mobilitas dan kepraktisan, sleeping wrap juga lebih nyaman karena mama ataupun papa tidak harus mendorong-dorong lagi.

3. Pergunakan Waktu Sebanyak Mungkin untuk ASI
Travelling membutuhkan ekstra energi lho, ma. Bukan cuma buat mama dan papa, tapi juga Si Kecil. Oleh karena itu, pergunakan setiap waktu yang ada untuk memberikan ASI kepada Si Kecil. Kadang kita merasa sungkan untuk memberikan ASI kepada Si Kecil di tempat umum, tempat wisata misalnya, namun apabila mama mempersiapkan segala peralatannya, seperti kain penutup dan lain-lain, mama pun siap untuk memberikan ASI di mana saja.

4. Sewa Kendaraan Yang Mempunyai Fasilitas Carseat
Bepergian di dalam kota dengan mobil sendiri, mungkin tidak akan masalah karena biasanya carseat telah ada di mobil kita. Tapi kalau bepergian ke luar pulau atau bahkan luar negeri dimana di tempat tujuan kita perlu menyewa mobil, kita tidak mungkin membawa carseat dari rumah. Oleh karena itu jangan ragu-ragu untuk bertanya kepada pihak rental mobil apakah mereka mempunya fasilitas carseat. Ini penting agar Si Kecil bisa bepergian dengan nyaman.

5. Bawa Popok yang Tepat
Ini salah satu hal yang harus diperhatikan juga pada saat bepergian. Persiapkan popok yang tepat, bukan cuma banyak. Biasanya mama sangat khawatir akan kekurangan popok pada saat bepergian. Tapi ingat juga lho, ma.Popok yang banyak berarti perlu tempat yang besar juga untuk menaruhnya, oleh karena itu, pilihlah popok yang tepat, misalnya popok GOON yang mempunyai berbagai macam fitur terbaik agar Si Kecil tetap nyaman sepanjang perjalanan.