5 Tips Mengajarkan Si Kecil Untuk Berbagi
28 September 2018
Berbagi merupakan konsep yang cukup asing buat Si Kecil ya, ma. Oleh karena itu, simak tips berikut agar Si Kecil belajar tentang pentingnya arti berbagi.

1. Mulai Sejak Kecil
Konsep berbagi sebaiknya diawali dari sedini mungkin. Apabila Si Kecil sudah mempunyai kemampuan untuk memegang objek, mama bisa mulai mengajarkan tentang berbagi dengan cara memegang objek tersebut secara bergiliran. “Mama sekarang yang pegang ya, setelah itu adek boleh pegang” Belajar bergiliran adalah salah satu langkah utama untuk mempelajari konsep berbagi.

2. Jadi Panutan
Salah satu cara paling efektif mengajari Si Kecil tidak lain adalah dengan melakukan dan mencontohkannya. Anak cenderung akan meniru apa yang dilakukan orangtuanya. Latihan berbagi bisa dimulai di rumah dan dengan kegiatan yang seru. Mama bisa bilang kepada Si Kecil akalau mama mau berbagi es krim yang mama beli, atau berbagi bantal pada saat tidur. Mudah-mudahan Si Kecil melihat perilaku tersebut dan mulai mengikutinya.

3. Menjadi Pemenang Bersama
Pilih permainan yang seru dimana pemenangnya tidak terdiri dari satu orang, tapi bersama-sama. Walaupun berkompetisi itu baik, tapi di usia pre-school lebih baik membangun kolaborasi terlebih dahulu untuk mengajarkan arti dari berbagi.

4. Selalu bawa Timer
Ini sederhana sekali, lho ma. Intinya setiap timernya berbunyi berarti saatnya Si Kecil memberikan mainannya kepada saudara atau teman-temannya. Saat berbunyi kembali, Ia boleh mendapatkan gilirannya lagi. Ini penting untuk belajar tentang disiplin dan juga konsep berbagi.

5. Deskripsikan Pujian
Saat Si Kecil mau berbagi, jangan lupa juga untuk memberikan pujian terhadap apa yang dia lakukan. Tapi pujiannya pun kalau bisa lebih deskriptif, ma. Jangan cuma “anak mama pinter banget” tapi lebih ke “Tuh, pas kamu kasih mainannya ke teman kamu, dia senang banget kan. Terima kasih ya sudah berbagi”