Mengenalkan Nilai Kebaikan Pada Si Kecil? Mulai dari 5 Hal ini!
21 September 2018
Kadang kita terlalu fokus mengajarkan hal-hal umum seperti membaca, berhitung sampai lupa mengenalkan nilai yang paling penting dalam hidup yaitu kebaikan. Benar tidak, ma? Bahkan mungkin ada juga yang berpendapat bahwa mengajarkan nilai kebaikan terhadap anak hanya akan membuatnya lemah dan tidak bisa bersaing di dunia nyata.

Jangan salah, mengajarkan nilai kebaikan dapat berpengaruh besar juga terhadap nilai akademis, kesehatan dan juga kehidupan sosial Si Kecil lho, ma.

Kira-kira hal kecil apa ya yang bisa mama mulai perkenalkan untuk mengajari Si Kecil tentang nilai kebaikan. Berikut 5 hal yang bisa dilakukan.

1. Menyumbangkan Barang Kepada yang Membutuhkan
Mengumpulkan uang untuk sumbangan, walaupun merupakan salah satu mengenalkan kebaikan juga, namun biasanya Si Kecil belum mengerti konsepnya. Uang yang diberikan ini untuk siapa, lalu uangnya untuk apa? Sepertinya lebih bisa dimengerti kalau berbentuk barang, khususnya barang mereka pribadi. Misalnya, mengumpulkan mainan-mainan atau baju yang masih bagus tapi sudah tidak dipakai, atau buku yang sudah selesai dibaca. Ajari mereka bahwa daripada menumpuk di rumah, lebih baik diberikan kepada mereka yang membutuhkannya.

2. Menulis Pesan Terima Kasih
Kalimat terima kasih biasanya hanya jadi basa-basi setelah Si Kecil mendapatkan sesuatu. Padahal mengucapkan terima kasih itu salah satu hal sederhana namun berarti yang bisa mengajarkan Si Kecil tentang nilai kebaikan. Ajak Si Kecil untuk menuliskan kalimat terima kasih kepada orang-orang yang telah membantunya. Buat gurunya, buat teman sebangkunya, neneknya atau siapa pun.

3. Membantu Tugas Orang Lain
Ini bisa dimulai dari kita sebagai orangtua, ma. Mudah-mudahan nanti Si Kecil akan mengikutinya. Selalu lihat kesempatan apa yang bisa kita perbuat untuk membantu orang lain. Misalnya menyiram tanaman atau memotong rumput tetangga, menawarkan kepada tetangga membelikan daftar belanjaan apabila kita hendak ke pasar, dan lain lain.

4. Peduli Binatang
Binatang dan anak-anak adalah hal yang tidak bisa dipisahkan. Dan menyayangi binatang juga merupakan salah satu cara untuk mengenalkan nilai kebaikan. Ajak Si Kecil ke tempat penitipan binatang peliharaan dan tanya apa yang bisa mereka lakukan untuk membantu di sana, atau tanya ke teman-teman yang mempunyai binatang peliharaan apa yang bisa mereka lakukan, apakah membantu memberi makan, mengajaknya jalan-jalan, dan lain-lain.

5. Mengucapkan Hal Baik Kepada Orang Lain
Kadang nilai kebaikan bisa diperkenalkan melalui sesuatu hal yang sederhana misalnya menghargai usaha orang lain atau memuji seseorang. Tapi ya memang harus dicontohkan oleh kita para orangtua ya, ma. Mungkin kita bisa mulai membiasakan mengucapkan hal-hal yang baik kepada orang lain, misalnya “aku suka baju kamu, lucu” atau “makasih ya udah bantuin bawain belanjaan mama” dan sebagainya.