Si Kecil Siap Tidur Sendiri? Ini 5 Hal yang Harus Diketahui
14 September 2018
Ma, Si Kecil sudah tidur di kamar terpisah atau masih tidur bersama mama papa? Memutuskan untuk memisahkan kamar Si Kecil sedini mungkin terasa janggal karena praktek ini tidak banyak dilakukan oleh masyarakat kita. Alasannya pun beragam mulai dari kepraktisan “nanti kalau bangun kan tinggal dipuk-puk biar tidur lagi” sampai keterbatasan ruang kamar. Namun buat mama dan papa yang siap untuk memisahkan kamar Si Kecil dengan segera, silahkan simak hal-hal berikut.

1. Nilai Apa yang Ingin Ditanamkan
Ini yang paling penting, ma. Apa nilai yang ingin ditanamkan pada diri Si Kecil? Memisahkan kamar Si Kecil bisa menjadi jalan mengenalkannya pada nilai kemandirian lho, ma. Selain itu juga mendidiknya untuk berani mengatasi rasa takut serta melepaskan kenyamanan. Kadang, sebagai orangtua pun kita berat untuk melepaskan anak tidur sendirian, tapi kalau kita berpegang teguh pada nilai-nilai yang ingin kita tanamkan, mudah-mudahan semuanya akan lancar-lancar saja.

2. Umur 12 Bulan adalah Waktu Yang Pas
Pertanyaan mendasar yang selalu ditanyakan adalah kapan sih waktu yang pas untuk anak tidur di kamar sendiri. Sebenarnya sedini mungkin, dimulai dari umur 2 bulan, Si Kecil sudah bisa tidur di kamarnya sendiri, tapi jangan berharap Si Kecil akan tidur pulas hingga pagi ya. Ia tetap akan bangun setidaknya beberapa kali dalam semalam. Jadi, walaupun Si Kecil tidur sendiri, pengawasan tetap harus dilakukan. Umur 12 bulan merupakan umur yang pas bagi Si Kecil untuk tidur sendiri karena tidurnya bisa lebih panjang, mama sendiri pun bisa mendapatkan tidur yang berkualitas juga.

3. Persiapkan Kamarnya
Selain dari Si Kecil, yang harus dipersiapkan tentu aja kamarnya. Perhatikan beberapa faktor agar transisi pindah kamar berjalan dengan lancar ya, ma. Faktor keamanannya misalnya, pastikan tidak ada barang-barang yang bisa membahayakan Si Kecil. Lalu, faktor kenyamanannya diperhatikan juga, ma. Kasur, bantal, guling yang empuk, sprei yang bersih serta suasana kamar yang enak agar Si Kecil bisa tidur dengan tenang.

4. Ajari Caranya Tidur Sendiri
Saat masih tidur dengan mama, yang Si Kecil dapatkan adalah kenyamanan dari mama yang bisa membuatnya tertidur. Nah, kalau sudah pisah kamar, ini tidak akan bisa lagi dilakukan. Oleh karena itu penting sekali mengajari Si Kecil cara untuk tidur. Mengajari di sini berarti melatihnya bagaimana mendapatkan kenyamanan sendiri tanpa bergantung oleh orang lain. Cara bisa macam-macam, mulai dari mengenalkannya pada rutinitias sebelum tidur sampai tidur bersama benda kesayangannya, apakah itu boneka, bantal atau guling.

5. Kenyamanan Adalah Yang Utama
Hal berikut merupakan kunci agar Si Kecil mendapatkan tidur yang berkualitas di kamarnya. Persiapkan suhu ruangan yang pas, ganti sarung bantal dan guling dengan bahan yang halus, khusus untuk Si Kecil yang masih memakai popok, pilih popok Goon dengan fitur-fitur andalan yang membuat Si Kecil tertidur dengan nyaman.