Si Kecil Tantrum? Ini 5 Tips Menghadapinya
31 August 2018
Tantrum merupakan hal yang pasti dilakukan oleh Si Kecil. Dan apabila hal tersebut terjadi, biasanya para mama tidak sepenuhnya tahu apa yang harus dilakukan dan malah melakukan tindakan yang membuat Si Kecil lebih tantrum lagi. Oleh karena itu, berikut ada 5 tips bagaimana seharusnya menghadapi Si Kecil yang sedang tantrum.

1. Meminimalisir Kebiasaan Tantrum
Salah satu cara untuk mengatasi masalah berusaha mencegahnya sebelum terjadi. Caranya adalah dengan memberikan pemahaman dan dasar-dasar bagaimana menenangkan diri. Saat meluangkan waktu bersama Si Kecil, jangan lupa memujinya apabila Si Kecil melakukan hal-hal yang baik. Saat mendapatkan perhatian lebih karena melakukan hal yang baik, Ia cenderung akan mengulanginya lagi. Ajarkan cara mengangani emosi seperti menarik nafas dalam-dalam dan lain-lain.

2. Cuekin Aja.
Sekilas ini terlihat aneh. “Anak lagi nangis kok didiamkan aja” Namun ini penting dilakukan agar Si Kecil mengerti kalau mama sebagai orangtua tidak akan terintimidasi dengan sikap buruk Si Kecil. Cuekin aja, ma. Tapi tetap dipantau ya ma, jangan sampai Ia menyakiti diri sendiri ataupun pihak lain. Saat Ia melakukan itu, baru mama boleh mencegahnya. Saat Si Kecil sudah tidak tantrum lagi, saatnya mama dan Si kecil berbicara 4 mata.

3. Semakin Kencang Si Kecil Teriak, Semakin Pelan Mama Berbicara
Berteriak merupakan salah satu hal yang dilakukan Si Kecil pada saat Ia tantrum. Tips nomor 3 ini memang tidak mudah mah, karena bisa jadi pada saat anak tantrum mama juga jadi emosi. Tapi ini penting dilakukan agar Ia tidak menjadi lebih frustasi dan tambah tantrum. Pelankan volume suara mama dan coba berbicara dengan Si Kecil.

4. Mengerti Kenapa Si Kecil Tantrum
Salah satu penyebab tantrum adalah Si Kecil frustasi karena tidak bisa menyampaikan apa yang dia inginkan. Oleh karena itu, penting sekali mengajarkan berkomunikasi dan menyampaikan sesuatu dengan jelas. Semakin Ia lancar menyampaikan maksudnya, penyebab tantrum karena masalah komunikasi akan bisa diatasi.

5. Beri Pelukan Erat
Ini mungkin upaya paling terakhir yang bisa dilakukan pada saat Si Kecil tantrum. Pada saat berbagai cara sudah tidak bisa meredakan tantrumnya, peluk saja Si Kecil dengan erat. Kadang bahasa tubuh bisa memberikan ketenangan dibanding cara-cara lain. Apabila lagi pelukan dari mama, peluk Si Kecil hingga Ia tenang dan siap untuk berbicara.