5 Tanda Si Kecil Sedang Tumbuh Gigi
26 August 2018
Ma, Si Kecil sudah mengalami fase tumbuh gigi belum? Rata-rata bayi akan tumbuh gigi sekitar umur 6 bulan. Namun bisa mulai terlihat pada umur 3 bulan atau paling telat 14 bulan. Tanda-tandanya pun bervariasi. Sebagian ada yang mengalaminya, sebagian lagi bahkan tidak mengalami sama sekali. 5 hal berikut adalah tanda bahwa Si Kecil sedang mengalami tumbuh gigi. Perhatikan ya ma.

1. Keinginan Untuk Mengunyah yang Tinggi
Tekanan dari gigi yang sedang tumbuh di bawah gusi bisa diredam dengan cara mengunyah. Jadi jangan heran kalau Si Kecil terlihat ingin mengunyah apa pun yang dia pegang. Insting untuk mengunyah juga bisa terjadi karena ada rasa aneh yang sedang dirasakan Si Kecil di bawah gusinya.

2. Gusi Bengkak
Ini gejala yang paling umum terjadi pada saat tumbuh gigi.  Sebelum gigi Si Kecil tampak, gusi akan terlihat merah, bengkak agak memar. Ini wajar terjadi karena tekanan dari gigi yang akan keluar. Jadi, jangan terlalu khawatir ya, ma.

3. Air Liur yang Berlebihan
Gejala ini sebenarnya bukan hal yang pasti karena tumbuh gigi karena dalam masa perkembangan bayi pasti akan mengalami dimana air liur si kecil akan terlihat berlebihan. Makanya penting juga untuk crosscheck dengan tanda-tanda lainnya ya, ma.

4. Perubahan Pola Makan
Si Kecil yang telah makan makanan padat biasanya akan lebih memilih untuk ASI atau minum dari botol karena memakai sendok akan membuat perih gusi mereka. Namun sebagian mungkin justru akan makan lebih sering lagi karena sensasi dari mengunyah bisa memberikan kenyamanan pada gusi.

5. Rewel Saat Tengah Malam
Aktivitas gigi yang sedang tumbuh ke atas biasanya memang lebih aktif terjadi pada saat malam hari. Ini menjelaskan kenapa pada malam hari Si Kecil akan lebih rewel dari siang hari. Kalau ini terjadi, yang bisa mama lakukan adalah memberikan kenyamanan pada Si Kecil, khususnya saat sebelum tidur. Mulai dari tempat tidur, suhu ruangan kamar Si Kecil sampai memakaikan popok yang nyaman hingga Si Kecil bisa tertidur hingga pagi hari