5 Tips Mengenalkan Olahraga Kepada Si Kecil
18 August 2018
Papa dan Mama pasti sudah tahu dong kalau sebentar lagi Indonesia, khususnya kota Jakarta dan Palembang, mendapat kehormatan untuk menjadi tuan rumah perhelatan akbar olahraga negara-negara Asia. Kurang lebih seminggu lagi, Asian Games akan dimulai. Ini adalah momen yang tepat untuk mengenalkan Si Kecil pada olahraga. Berikut adalah 5 tips untuk mengenalkan Si Kecil pada olahraga.

1. Bantu Si Kecil Mempelajari Dasarnya
Pada usia pra-sekolah biasanya Si Kecil memang belum siap untuk olahraga yang serius di dalam suatu tim. Mereka masih mempelajari dan melatih skill motorik mereka, dan itu penting agar mereka terampil dalam olahraga nantinya. 60 menit berupa aktivitas fisik sudah cukup untuk melatih kemampuan dasar olahraga. Yang penting itu tetap membuatnya excited pada saat latihan ya, ma.

2. Jangan Terlalu Sering
Olahraga merupakan aktivitas menyenangkan khususnya bagi Papa dan semacam hobi yang harus diwariskan bapak kepada kepada anak. Tapi jangan terlalu dipaksakan ya, pa sehingga menjadi suatu kewajiban. Di tahap pengenalan ini, tujuan utamanya adalah mengenalkan dan memupuk cinta anak kepada olahraga, bukan menuntutnya untuk jago ataupun juara.

3. Tanya Keinginan Si Kecil
Setiap orangtua pasti punya preferensi olahraga sendiri yang ingin dikenalkan kepada anak. Walaupun itu bagus karena papa atau mama bisa membimbingnya dengan penuh semangat, tapi jangan lupa juga menanyakan kepada Si Kecil apa olahraga yang ingin dilakukannya, lalu fasilitasi mereka untuk mencobanya. Semakin bervariasi olahraga yang dilakukan oleh anggota keluarga lebih bagus toh?

4. Saatnya Mengenalkan Komitmen
Untuk Si Kecil yang sudah beranjak besar, papa dan mama bisa mulai mengenalkan arti dari sebuah komitmen. Dan olahraga merupakan cara yang paling tepat untuk itu. Caranya mungkin Si Kecil bisa didaftarkan di salah satu klub olahraga dimana Ia harus secara rutin melakukan latihan setiap minggunya. Jangan lupa juga berbicara kepadanya bahwa ini adalah komitmen yang harus dijalani.

5. Olahraga Bukan Melulu Soal Skor

Ini bahasan penting yang harus dibicarakan kepada Si Kecil, khususnya mereka yang sudah menekuni olahraga dengan serius. Bahwa olahraga bukan hanya soal skor dan menang. Tapi juga soal sportifitas, kerjasama, dan semangat pantang menyerah,