5 Tips Menyusui Si Kecil Di Tempat Umum.
10 August 2018
Memasuki Pekan ASI atau World Breastfeeding Week, berikut adalah 5 tips yang mungkin mama bisa lakukan untuk menyusui di tempat umum. Kadang kita ragu untuk menyusui di tempat umum karena berbagai macam alasan, mudah-mudahan dengan 5 tips ini bisa membantu mama menyusui Si Kecil dengan nyaman.

1. Menyusui Si Kecil dimanapun adalah hak
Ini penting untuk diketahui, ma bahwa menyusui di tempat umum adalah diperbolehkan. Tidak boleh ada yang melarang mama untuk menyusui Si Kecil di tempat apa pun. Mama sedang memberikan kebutuhan dasar Si Kecil yang sangat diperlukannya, jadi jangan ragu-ragu ya ma.

2. Pilih Pakaian yang Nyaman
Agar mama selalu nyaman memberikan ASI kepada Si Kecil di mana pun, pilih pakaian yang nyaman dipakai ya ma. T-Shirt dengan ukuran yang agak sedikit lebih lebar, atau kaos dengan kancing yang dapat dengan mudah dilepas kapan saja Si Kecil ingin menyusui, itu juga bisa dipilih.

3. Menyusui Melalui Baby Wrap
Kadang kalau bepergian dan membawa Si Kecil, Baby wrap adalah solusi yang cukup praktis. Namun biasanya masalah terjadi apabila saatnya Si Kecil diberikan ASI, karena mengikat baby wrap membutuhkan waktu yang lama lagi, tapi dengan latihan yang cukup, sebenarnya mama bisa menyusui Si Kecil melalui baby wrap. Hanya dengan sedikit latihan, menyusui Si Kecil di tempat umum bisa jadi praktis banget lho, ma.

4. Pilih Tempat

Dua hal yang perlu diingat apabila mama hendak memilih tempat untuk menyusui Si Kecil. Mama perlu tempat dimana mama bisa duduk dengan nyaman, serta tempat yang bisa menyokong punggung mama dengan nyaman dan tempat yang cukup tidak terlihat oleh umum. Yang paling aman memang mencari nursing booth karena biasanya semuanya tersedia di sana. Tapi kalo pun tidak ada, ingat aja dua hal di atas agar menyusui Si Kecil bisa lebih nyaman.

5. Membawa penutup
Tentu saja pada akhirnya buat sebagian orang, menunjukkan sebagian tubuhnya tetap merupakan suatu hal yang tidak nyaman bagi dirinya. Oleh karena itu, selalu siapkan penutup agar kapan pun datang waktu untuk menyusui, mama bisa menutup bagian dada agar tidak terlihat oleh khalayak ramai, dan mama pun tetap nyaman untuk menyusui.