5 Cara Menuju Kebiasaan Tidur yang Menyehatkan
27 July 2018
Masalah tidur kelihatannya sepele ya, Ma. Namun di usia si kecil, tidur itu perannya sangat besar untuk membantu pertumbuhan mereka. Akademi Dokter Anak Amerika telah membuat panduan untuk memastikan anak-anak mereka mengembangkan kebiasaan tidur yang menyehatkan sedini mungkin. Apa saja itu?

1. Jadikan tidur yang sehat menjadi prioritas keluarga
Tidur yang cukup itu penting untuk kesehatan semua keluarga, bukan cuma anak-anak. Nah, karena mama dan papa adalah contoh bagi anak-anak, kebiasaan tidur yang sehat harus dimulai dari mama dan papa. Jangan terjaga terlalu malam, usahakan tidur cepat. Tidur sebagai prioritas utama dalam keluarga merupakan bagian dari gaya hidup sehat lho, ma sama seperti diet dan olahraga.

2. Tetapkan jadwal rutinitas sehari-hari
Bangun di jam yang sama, sarapan di jam yang sama, dan bermain di jam yang sama, tidur siang di jam yang sama setiap harinya akan membantu anak lebih terorganisir dalam menjalani hari-harinya. Ini penting dilakukan agar waktu tidur malam berjalan dengan lancar.

3. Aktif pada saat siang hari
Pastikan anak-anak mempunyai kegiatan yang cukup padat di siang hari ya, ma. Bikin berbagai aktivitas tersebut menarik dan cukup bervariasi. Berbagai aktivitas fisik akan membantu mereka menyalurkan energi mereka dan membantu untuk tidur di malam harinya.

4. Perhatikan gadget

Gadget merupakan hal yang tidak dipisahkan dari Si Kecil. Apakah itu TV, Tablet ataupun smartphone. Walaupun hal itu tidak selamanya buruk, tapi tetap harus dibatasi. Monitor dari gadget sudah terbukti menganggu aktivitas tidur, jadi tolong diatur pemakaiannya ya, Ma. Yang pasti jangan sampai ada gadget di kamar tidur si kecil. Dan pastikan setidaknya sejam sebelum tidur, si kecil terbebas dari gadget agar tidak menganggu proses tidurnya.

5. Ciptakan suasana tidur yang mendukung
Kualitas tidur sudah pasti didukung oleh tempat di mana mereka tidur. Redupkan lampu sebelum tidur, apabila di kamar si kecil ada AC jangan lupa untuk set ke temperatur ruangan, jangan terlalu dingin atau hangat. Jangan menumpuk terlalu banyak mainan di kamar tidur mereka, itu hanya akan mendistraksi kegiatan tidur mereka. Dan yang pasti, kebersihan dan kenyamanan pakaian si kecil pada saat tidur sangat berpengaruh  pada kelancaran tidur Si Kecil.

Selalu gunakan GOON dengan dengan berbagai fitur andalannya yang akan membuat Si Kecil nyaman dalam tidurnya hingga esok pagi.