5 Hal Yang Harus Mama Ketahui Tentang Latihan Tidur
06 July 2018
Si Kecil yang selalu terbangun di malam hari, bahkan sampai beberapa kali, mungkin hal yang biasa bagi para mama semua. Tapi semua mama pasti berharap kalau bayinya bisa tidur dengan nyenyak sampai pagi. Dengan begitu istirahat mama pun tidak terganggu dan bisa lebih fit keesokan harinya. Walaupun bangun malam telah dianggap sesuatu yang biasa, namun tahukah mama kalau tidur pun bisa dilatih lho, ma. Ada yang namanya latihan tidur atau sleep training. Berikut adalah 5 hal yang harus diketahui tentang latihan tidur.

1. Mengenal Latihan Tidur
Latihan tidur adalah sebuah proses yang dilakukan agar bayi bisa tertidur dan tidur nyenyak semalaman. Tiap bayi beda lho, Ma. Ada yang bisa melakukannya dengan cepat dan mudah, tapi tidak sedikit yang susah tidur dan kembali tidur pada saat terbangun.

2. Saat yang pas melakukan latihan tidur
Latihan tidur bisa mulai dilakukan  pada saat Si Kecil berumur 4 sampai 6 bulan. Pada saat bayi berumur 4 bulan, biasanya bayi sudah mulai mempunyai jadwal bangun dan tidur yang teratur. Namun tentu saja tiap bayi berbeda ya, ma. Tidak semuanya siap untuk melakukan latihan tidur. Jangan lupa konsultasikan dengan dokter anak apabila ingin memulai latihan tidur.

3. Mempersiapkan latihan tidur
Sebelum melatih Si Kecil untuk tidur ada beberapa rutinitas yang harus dilakukan agar latihan bisa berjalan dengan lancar. Antara lain: mengenalkan Si Kecil kepada rutinitas sebelum tidur, memilih jam tidur yang konsisten setiap harinya, sampai mempersiapkan popok yang nyaman untuk semalaman agar latihan tidurnya lancar. Pilihan popok dari GOON dengan berbagai macam fitur dan kelebihan bisa menjadi andalan Mama agar Si Kecil tetap nyaman dalam tidurnya.

4. Metode latihan tidur
Latihan tidur bisa dilakukan dengan salah satu dari 3 metode ini:  Yang pertama, teknik cry it out. Ini adalah latihan dimana Si Kecil dibiarkan menangis agar Ia bisa mendapatkan kenyamanan untuk dirinya sendiri yang sangat dibutuhkan untuk proses tidur. Yang kedua, teknik no cry. Ini merupakan teknik dimana Mama harus merespon cepat dengan memberikan kenyamanan apabila Si Kecil mulai rewel pada saat tidur. Metode yang ketiga yaitu teknik fading. Ini bisa dimulai dengan tidur di dekat si kecil agar Ia nyaman lalu perlahan menjauh agar Ia bisa mendapatkan kenyamanan sendiri.

5. Mama tidak wajib mengikuti metode latihan tidur
Latihan tidur ini cara alternatif yang mungkin bisa dicoba, tapi bukan berarti wajib dilakukan ya, ma. Tiap keluarga punya kebiasaan yang berbeda-beda. Ada yang menganggap bangun di tengah malam untuk menenangkan SI Kecil yang terbangun adalah bagian dari momen yang tidak akan terlupakan bagi seorang ibu. Pada akhirnya, kebiasaan tidur anak berbeda-beda. Jangankan keluarga yang berbeda, di dalam satu keluarga saja, pola tidurnya bisa berbeda. Jadi, tidak usah dipaksakan ya, Ma.