Si Kecil Tidur Pulas Sampai Pagi, Gimana Caranya?
03 July 2018
Sebagai orangtua pasti kita ingin agar Si Kecil mendapatkan istirahat yang berkualitas di malam hari tanpa terganggu apa pun. Betul tidak, ma? Namun ada beberapa hal yang membuat Si Kecil resah tidurnya di malam hari. Mungkin saja dia lapar atau dia sangat bergantung pada mama untuk merasa nyaman dan tenang, atau memang perlu rutinitas tidur yang lebih disiplin saja. Pada saat Si Kecil bangun di malam hari, otomatis mama pun harus bangun. Ini sudah pasti mengurangi istirahat mama yang bisa berujung pada kelelahan dan tidak fit esok harinya.

Gimana ya cara agar Si Kecil bisa tidur pulas sepanjang malam? Tenang, ma. 5 hal berikut mungkin bisa membantu.

1. Bedakan antara aktivitas siang dan malam.
Kita orang dewasa sudah mempunyai jam biologis yang bisa membedakan antara siang dan malam. Kita beraktivitas dengan frekuensi tinggi di siang hari, dan menurun di malam hari. Namun bayi belum bisa membedakan antara siang dan malam dan harus kita yang mengarahkan. Pilih aktivitas-aktivitas yang seru dan bersifat sosial di siang hari, namun apabila malam tiba coba pilih aktivitas yang tenang agar jam biologis terprogram dan lancar memasuki saat istirahat.

2. Biasakan Si Kecil tertidur sendiri
Menepuk-nepuk Si kecil pada saat hendak tidur memang membantu mempercepat untuk tidur, tapi yang terjadi adalah Ia akan selalu bergantung pada aktivitas tersebut karena itu yang memberikannya kenyamanan untuk tidur. Sekali-kali, coba deh biarkan Si kecil tertidur sendiri. Biarkan Ia terbiasa memberikan kenyamanan kepada dirinya sendiri untuk tidur. Awalnya pasti akan sulit, tapi lama kelamaan akan terbiasa kok, ma.

3. Rutinitas sederhana sebelum tidur
Mama sudah punya rutinitas sebelum tidur kah? Kalau belum, coba dimulai deh. Pilihannya pun bermacam-macam mulai dari membaca buku, bernyanyi bintang kecil, bercerita, berdoa dan lain-lain. Setelah itu bisa dilanjutkan dengan meredupkan lampu dan menyelimutinya. Rutinitas ini penting agar Si Kecil tahu kapan waktunya berisitirahat.

4. Kasih barang favorit untuk teman tidur
Untuk anak berumur di atas 6 bulan, sudah bisa diberikan barang favorit untuk menemani tidur. Bisa berupa selimut kesayangan, bantal favorit ataupun boneka kesukaan mereka. Di usia 6 atau 7 bulan, Si kecil sudah sadar kalau ditinggal mama pada malam hari lho, ma. Jadi dengan memberikan barang kesayangan untuk menemaninya tidur itu akan sedikit memberikan rasa aman dan nyaman tanpa harus ada mama di situ.

5. Pakai popok yang tahan semalaman
Salah satu faktor yang membuat Si Kecil terbangun pada malam hari adalah popok yang basah karena sudah penuh. Oleh karena itu pilihlah popok yang bisa menjaga Si Kecil tetap nyaman tidur sepanjang malam. Popok GOON night pants adalah salah satunya.