5 alasan pentingnya melibatkan si kecil ikut bantu Mama Papa.
09 June 2018
Dalam beberapa minggu lagi Hari Raya Idul Fitri akan tiba. Salah satu hal yang biasanya dilakukan sebelum lebaran datang adalah beres-beres rumah supaya rapi dan siap menyambut tamu. Bisa juga membereskan mainan, atau membantu mencuci mobil. Tidak ada salahnya lho ma untuk melibatkan si kecil. Berikut 5 alasannya.

1. Momen bermain
Buat mereka, membantu mengerjakan sesuatu itu menyenangkan lho, ma. Walaupun kita orang dewasa melihatnya sebagai kewajiban, tapi di mata mereka aktivitas tersebut sama halnya dengan bermain. Mereka bisa membantu melipat pakaian, membersihkan perabotan dari debu, menyapu dan lain-lain.

2. Melatih otot motorik anak
Berbagai macam aktivitas beres-beres rumah pasti menyangkut aktivitas fisik. Ini yang bisa melatih, salah satunya adalah otot motorik mereka. Pekerjaan-pekerjaan seperti menyapu, mengepel lantai atau membuang sampah walaupun kelihatannya sederhana tapi sangat membantu untuk melatih sensor motorik serta koordinasi mereka lho, ma.

3. Berkolaborasi
Kolaborasi atau bekerjasama merupakan skill penting yang dibutuhkan untuk hidup bersosial, dan sebaiknya skill tersebut mulai dilatih sedini mungkin. Bekerjasama memindahkan perabotan, misalnya. Bisa menjadi contoh sederhana melatih, bukan hanya fisik, tapi juga skill bekerja sama dan berkordinasi dengan orang lain.

4. Melatih tanggung jawab & percaya diri
Untuk anak yang lebih besar biasanya lebih suka apabila diberikan tanggung jawab yang lebih besar pula karena itu membantu mengembangkan kepercayaan diri serta pride mereka. Kasih mereka tugas-tugas yang lebih sulit, mereka akan melihatnya sebagai tantangan dan akan berusaha untuk menyelesaikannya. Dan apabila berhasil, kepercayaan diri mereka akan bertambah.

5. Mempersiapkan life skill
Walaupun sebenarnya sederhana, tapi tugas-tugas rumah tangga ini bisa dibilang merupakan simulasi kehidupan yang akan mereka hadapi nantinya. Mengerjakan tugas, memecahkan masalah, berkolaborasi, berkonflik merupakan skill yang akan dibutuhkan dalam hidup. Dan alangkah baiknya apabila itu mulai dikenalkan sedini mungkin.