5 Tips Sahur Untuk Anak Yang Sedang Belajar Puasa
25 May 2018
Tidak terasa ya ma, kita sudah memasuki bulan Ramadan. Buat Si kecil yang baru memasuki masa belajar puasa, sahur bisa menjadi momen yang menyenangkan namun bisa juga tidak. Menyenangkan karena ada ritual baru yang berbeda dari hari-hari biasanya, dan tidak menyenangkan karena harus bangun sangat pagi sekali dan makan. Tapi walupun begitu, tetap harus dilakukan ya ma karena sahur itu sangat penting untuk lancarnya puasa mereka nanti. Berikut 5 tips sahur agar puasa kita bisa lebih maksimal.

1. Tidak perlu banyak
Ingatkan Si kecil untuk tidak makan terlalu banyak ya, ma. Mungkin logikanya kalau makan banyak saat sahur nanti tidak akan terasa lapar. Padahal sebenarnya tidak begitu. Yang terpenting adalah memilih jenis makanan tepat dengan porsi yang cukup agar tidak terasa lemas pada saat puasa nanti.

2. Pilih makanan yang mempunyai efek kenyang lebih lama
Memang ada jenis-jenis makanan yang bisa menimbulkan efek kenyang lebih lama. Makanan ini biasanya memiliki indeks glikemik rendah karena dapat meningkatkan kadar gula darah secara perlahan namun bertahan lama. Misalnya: nasi merah, ikan kukus, ayam panggang, kacang hijau, pisang jeruk, aple dan lain-lain.

3. Jangan lupakan 5 sempurna.
Lengkapi gizi seimbang makan sahur dengan minum susu yang mengandung gizi lengkap serta cairan yang dibutuhkan oleh tubuh. Minum susu pada saat sahur dapat membantu Si kecil agar tidak cepat lapar

4. Cegah dehidrasi.
Kekurangan cairan atau dehidrasi adalah resiko yang bisa dialami pada saat menjalankan ibadah puasa.Cegah dehidrasi dengan menjaga asupan cairan di dalam tubuh. Pemenuhan kebutuhan cairan tubuh bisa dilakukan saat sahur, buka puasa, dan malam hari.

5. Mengakhirkan waktu sahur
Sunnah nabi tentang waktu berbuka dan sahur salah satunya adalah mengakhirkan jam sahur. Artinya sahur itu lebih utama pada saat hampir mendekati imsak. Jadi, jangan sahur dari jam 2 dini hari ya ma. Selain itu, dengan sahur di akhir waktu, waktu untuk sholat shubuh jadi lebih dekat, jadi tidak ketinggalan sholat shubuhnya.