Menyambut Ramadan Bersama Si Kecil. Apa Saja yang Harus Dilakukan?
13 May 2018
Tidak terasa dalam beberapa minggu lagi kita akan memasuki bulan Ramadan ya, ma. Buat para mama dan papa yang mempunyai anak dan cukup umur untuk berpuasa, kira-kira apa saja yang harus dilakukan dalam menyambut bulan suci yang akan tiba nanti? Yuk simak 5 hal berikut

1. Jelaskan tentang pentingnya bulan Ramadan.

Sebelum memasuki bulan Ramadan sebaiknya mama atau papa menceritakan dulu apa pentingnya bulan ramadan. Kenapa kita diharuskan berpuasa dan memperbanyak amal di bulan ini dan kebaikan lainnya. Banyak cara menjelaskan bulan Ramadan, salah satunya dengan buku bergambar yang mudah dimengerti oleh si kecil.

2. Menyemangati dan Memotivasi
Bulan Ramadan menjadi spesial karena banyak hal yang bisa kita lakukan untuk menambah tabungan amal dan kebaikan kita. Namun untuk melakukan itu semua merupakan hal yang tidak mudah lho, ma apalagi untuk si kecil yang baru mulai belajar. Oleh karena itu kita harus menyemangati dan memotivasi anak-anak untuk melakukan hal tersebut. Mulai dari berpuasa, tarawih sampai berbagai ibadah lain yang mendatangkan berbagai kebaikan.

3. Buat Jadwal dan Rencana
Dalam bulan Ramadan, selain dari aktivitas yang biasa dilakukan di bulan lain, pastinya akan ada penyesuaian. Ada penambahan aktivitas ataupun aktivitas yang dikurangi. Misalnya: karena seharian berpuasa mungkin sebaiknya mengurangi aktivitias fisik yang agak berat, bangun lebih pagi untuk sahur, dan lain-lain. nah, sebaiknya mama menyusun jadwal dan rencana perubahan aktivitas tersebut agar semuanya dapat berjalan dengan lebih efektif.

4. Ramadan bukan Sekedar Puasa
Jangan lupa menjelaskan kepada anak-anak ya ma, kalau Ramadan itu buan hanya soal puasa. Ramadan adalah bulan dimana kita mempunyai kesempatan seluas-luasnya untuk berbuat baik dan bermanfaat bagi orang lain. Selain menjalankan ibadah yang wajib, seperti puasa dan salat. Tanya kepada anak-anak kebaikan apa yang mereka telah lakukan hari itu.

5. Belanja
Hal yang ini sudah pasti tidak akan luput dari jadwal mama, bukan? Jangan lupa juga tanya kepada Si kecil apa menu favoritnya untuk sahur dan berbuka ya, ma. Agar mereka lebih semangat lagi untuk berpuasa