5 Aktivitas Rumahan Saat Musim Hujan Datang
04 May 2018
Walaupun sudah memasuki musim kemarau, entah kenapa hujan masih sering turun. Dan ini pasti menghambat aktivitas mama bersama anak-anak ya. Namun jangan khawatir ya ma, tidak bisa beraktivitas di luar rumah dan “terperangkap” di dalam rumah tetap bisa melakukan hal-hal seru bersama anak-anak kok. Berikut 5 ide aktivitas di dalam rumah saat hujan turun.
 
1. Membersihkan kamar mandi.
Si kecil pasti senang berlama-lama di kamar mandi dan bermain air kan, ma? Kenapa tidak memanfaatkan itu untuk bersama membersihkan kamar mandi. Mereka bisa bersenang-senang bermain dengan sabun. Setelah mereka puas, mama dan si kecil bisa menyemprotkan air untuk membilas lantai dan tembok kamar mandi. Si kecil senang, mama pun gembira karena kamar mandinya bersih.

2. Mencari harta karun.
Siapa sih yang tidak suka dengan petualangan bajak laut dalam mencari harta karun. Ini merupakan salah satu aktivitas yang bisa dilakukan saat hujan deras turun. Caranya gampang lho, ma. Sembunyikan mainan anak-anak di sekitar rumah. Lalu gambar petanya lengkap dengan petunjuk-petunjuknya untuk menemukan “harta” mereka. Selain bermain, aktivitas ini juga melatih pola pikir mereka untuk memecahkan suatu masalah.

3. Bermain board game.

Ini salah satu aktivitas klasik yang masih seru dan bisa dilakukan kapan pun dan di mana pun. Termasuk saat hujan turun. Tinggal pilih aja board game apa yang akan dimainkan. Sesuaikan dengan umur si kecil juga lho ma. Untuk adik yang masih kecil mungkin bisa mulai dengan yang sederhana seperti ular tangga atau ludo. Sedangkan si kakak, bisa mulai dikenalkan dengan monopoli untuk melatih kemampuan strategi serta prinsip ekonomi.

4. Menonton film di “bioskop”
Eits jangan salah sangka dulu ya, ma. Aktivitas ini tidak mengharuskan untuk keluar rumah dan pergi ke bioskop beneran kok. Aktivitas ini adalah merencanakan nonton film bersama anak-anak dan seolah-olah kita beneran berada di dalam bioskop. Pertama, sepakati dulu film apa yang akan ditonton. Setelah itu siapkan makanan cemilan sebagai teman nonton. Lalu tinggal putar filmnya deh. Jangan lupa juga untuk menggelapkan lampu agar suasana benar-benar seperti di dalam bioskop.

5. Bikin kue.
Mama suka bikin kue? Coba ajak anak-anak bikin salah satu resep kue. Ini bisa menjadi aktivitas yang seru saat tidak bisa beraktivitas di luar lho. Kasih tugas spesifik kepada si kecil apa yang harus mereka lakukan. Menimbang terigu untuk dibuat adonan misalnya. Selain melatih fungsi motorik, aktivitas ini juga bisa meningkatkan skill berhitung anak lho, ma. Mama khawatir kalau kuenya tidak jadi dan dapur berantakan? Ah yang penting kan mereka bermain sekaligus belajar, ma. Jangan lupa juga, beres-beres dan mencuci perabotan pembuat kue bisa jadi aktivitas bersama anak juga lho, ma.