5 Jenis Makanan yang Mempengaruhi Kesehatan dan Mood Si kecil
13 April 2018
Pasti mama sudah tahu kan kalau makanan mempunyai pengaruh terhadap perilaku anak. Contoh kecil, makanan yang mengandung gula membuat anak menjadi hiperaktif. Namun gula bukan lah satu-satunya, setidaknya ada 5 jenis makanan yang berkontribusi terhadap perubahan perilaku dan mood anak. Apa saja kelima jenis makanan tersebut? Yuk kita lihat.

1. Produk susu
Kalau si kecil termasuk yang lactose intolerant atau alergi dengan produk yang berbahan dasar susu, mama pasti bisa melihat perubahan pada mood dan perilakunya. Beberapa anak akan cenderung gampang marah, cranky serta agresif.

2. Pewarna buatan
Di beberapa negara, makanan dengan pewarna buatan sudah di-banned karena efek kimiawi mempengaruhi kesehatan anak. ADHD, hiperaktif, dan sakit kepala pada anak bisa disebabkan karena zat pewarna buatan pada makanan yang dikonsumsi anak. Karena zat pewarna makanan biasanya ditemukan pada makanan yang manis, kadang orangtua hanya menganggap perubahan perilaku anak disebabkan oleh zat gula, padahal zat pewarna juga berperan besar di situ. Hati-hati ya, ma.

3. Zat gula
Makanan yang manis dapat menyebabkan anak menjadi hiperaktif, dimana biasanya orangtua langsung menganggap zat gula lah penyebab utamanya. Dan fakta menunjukkan gula telah lama menjadi penyebab berbagai masalah kesehatan seperti depresi, lambat dalam proses kognitif serta berbagai masalah tidur.

4. Pengawet
Ada beberapa bahan pengawet yang menyebabkan perubahan perilaku pada anak. Antara lain: nitrat, nitrit dan sodium benzoat. MSG sebagai penyedap rasa juga bisa menyebabkan perubahan mood dan perilaku termasuk masalah hiperaktif dan sakit kepala. Sodium benzoat biasanya ditemukan pada produk jus atau minuman-minuman anak.

5. Zat Alergen

Zat alergen adalah zat yang memancing reaksi alergi pada tubuh. Biasanya ditemukan pada produk susu, telur, kecap dan jagung. Pada saat si kecil mempunyai alergi pada jenis makanan tertentu biasanya juga memicu perubahan tingkat kesehatan dan perubahan perilaku.