5 Alasan Kenapa Tidur Merupakan Aktivitas Penting Untuk Si Kecil.
08 April 2018
Mama tahu nggak kalau tidur adalah aktivitas yang paling penting untuk si kecil selain dari bermain. Mungkin terdengar kontradikitif, tapi tidur itu juga punya manfaat sendiri lho, khususnya untuk perkembangan tubuh mereka. Berikut adalah 5 alasan kenapa tidur itu penting.

1. Tidur mendukung pertumbuhan anak.
Hormon pertumbuhan diproduksi pada saat tidur khususnya fase tidur dalam. Anak bayi tidur lebih sering dan sekitar 50% dari tidur mereka adalah fase tidur dalam. Ini penting sekali agar bayi mengalami pertumbuhan yang cukup. Studi menunjukkan anak yang kekurangan hormon pertumbuhan ternyata tidurnya kurang dalam, dibanding anak-anak lainnya.

2. Tidur membantu jantung.
Para ahli mempelajari bagaimana tidur dapat melindungi anak dari kerusakan otot jantung. Anak dengan gangguan tidur, aktivitas otaknya meningkat pada saat tidur dan kadar gula darahnya meningkat yang bisa menyebabkan diabetes, obesitas bahkan penyakit jantung.

3. Tidur berpengaruh ke berat badan.
Bukti semakin menunjukkan bahwa anak yang kurang tidur cenderung mengalami kelebihan berat badan yang dimulai pada saat bayi. Pada saat anak makan dengan porsi yang cukup dan tidak berlebihan, sel-sel lemak memproduksi hormon yang memberikan sinyal ke tubuh untuk berhenti makan. Nah, waktu tidur yang kurang akan memengaruhi hormon ini, sehingga anak akan makan terus. Seiring waktu, anak yang kurang jam tidurnya cenderung mengalami masalah obesitas.

4. Tidur membantu melawan kuman penyakit.
Saat tidur, baik anak kecil atau orang dewasa memproduksi protein yang disebut sitokin yang membantu tubuh memerangi infeksi, penyakit dan stres. Kurangnya jam tidur memengaruhi jumlah sitokin yang diproduksi, dan menurut studi, mereka yang tidurnya kurang dari 7 jam dalam semalam cenderung rentan terkena flu dibanding mereka yang tidur delapan jam atau lebih. Untuk si kecil, tidur yang cukup hingga pagi hari merupakan tantangan tersendiri buat mama. Oleh karena itu, selalu sediakan berbagai produk dari Goon yang sesuai dengan kebutuhan si kecil ya, ma.

5. Tidur mengurangi resiko cidera
Anak kecil cenderung ceroboh dan impulsif saat mereka kurang tidur dan itu memperbesar resiko kecelakaan. Sebuah studi di Cina menemukan bahwa anak kecil yang tidurnya sebentar cenderung mempunyai cidera yang memerlukan perhatian medis yang lebih besar.