Mengenalkan Ilmu Astronomi ke Si Kecil
01 April 2018
Mama, apakah si kecil sering bertanya tentang bulan, bintang atau benda-benda langitnya lainnya? Mungkin ini saatnya mengenalkan mereka kepada ilmu astronomi. Selain menjadi sarana belajar, juga bisa menjadi pilihan aktivitas yang tepat untuk menjalin kedekatan dengan mereka. Walaupun banyak sekali hal yang bisa dipelajari dari ilmu astronomi, namun sebaiknya bisa dimulai dengan hal-hal yang sederhana terlebih dahulu. Berikut 5 hal dasar yang bisa dilakukan:

1. Mendekorasi Kamar dengan Tema Luar Angkasa
Ini hal yang paling mudah dan efektif lho, ma. Apalagi kalau memang si kecil sudah suka dengan hal-hal yang berbau luar angkasa. Melukis bulan dan bintang di tembok, mengganti sprei bergambar galaksi atau memajang mainan edukasi tentang planet-planet.

2. Mengajaknya Melihat Langit Malam
Ini salah satu alternatif yang lumayan murah. Ajak anak-anak keluar dan menikmati langit malam. Edukasi bisa dimulai melalui hal ayng sederhana seperti fase bulan dan rasi bintang.

3. Beli Teleskop.
Dengan teleskop mama, papa dan anak-anak bisa melihat objek langit secara dekat dan lebih banyak yang bisa dipelajari.

4. Koleksi Buku Astronomi
Ada banyak sekali lho buku yang membahas sains secara sederhana dan ringan, termasuk astronomi. Apabila si kecil senang membaca pasti Ia akan tertarik dengan buku-buku tersebut atau setidaknya melihat gambarnya.

5. Download Apps Tentang Astronomi.
Smartphone juga bisa menjadi sarana belajar yang efektif lho, ma. Download aja berbagai macam apps tentang astronomi. Apps Sky Map misalnya, yang memberikan informasi berbagai objek luar angkasa beserta posisinya.