Trimester Ke-tiga Kehamilan
02 March 2018
Di trimester ke-3 janin sudah semakin besar, mama pun sudah tak sabar untuk bisa menimang si buah hati. Rasa tidak nyaman sudah lebih sering terasa karena gerak mama mulai tidak sebebas biasanya ya ma, sulit tidur karena sakit di pinggang dan punggung. Sabar ya ma, berikut ini beberapa hal yang harus mama lakukan saat kehamilan sudah diusia trimester ke-3 :

Menghitung Tendangan Si Kecil
Semakin tua usia kehamilan maka tendangan/gerakan si kecil akan sedikit melambat karena rahim sudah mulai terasa sempit. Hitung gerakan janin dalam satu hari, jika dirasa janin tidak bergerak coba usap-usap perut mama, biasanya janin akan beraksi dengan sentuhan mama. Bila gerakan janin menurun drastic dalam satu hari, langsung konsultasikan dengan tenaga kesehatan yang merawat kehamilan mama.

Menyiapkan Tas Rumah Sakit
Siapkan tas berisi keperluan mama untuk saat bersalin, baju yang akan dipakai si kecil pulang, juga buku kesehatan mama. Hal ini agar saat waktu persalinan tiba dan mama harus terburu-buru ke rumah sakit tidak ada keperluan yang tertinggal.

Persiapan Menyusui
Di akhir masa kehamilan, mama sudah bisa menyiapkan diri untuk menyusui. Bersihkan puting secara berkala agar mama dapat menyusui dengan lancar. Pijat payudara juga dianjurkan agar ASI bisa segera diberikan saat si kecil lahir. Namun hal ini tidak dianjurkan diawla trimester ke-3 ya ma, karena dikhawatirkan memicu kontraksi.

Ikut Senam Hamil
Senam kehamilan membantu mama mempersiapkan diri menghadapi persalinan nanti. Selain itu senam kehamilan juga membantu meregangkan otot-otot yang tegang dan membantu mengurangi kram yang kerap dialami.

Kenali Kontraksi
Di minggu ke 37 kehamilan, sebagian mama sudah mengalami kontraksi palsu. Kenali mana kontraksi palsu dan mana kontraksi yang merupakan tanda awal persalinan. Kontraksi palsu akan hilang setelah beberapa saat, namun kontraksi awal persalinan akan hilang namun timbul kembali secara berkala dan rasa sakitnya bertambah setiap kali datang.