Kehamilan Trimester Ke-dua
24 February 2018
Trimester kedua kehamilan dimulai dari minggu ke 13-minggu ke 27. Di trimester ke-2 bisanya mama sudah tidak mengalami mual dan muntah. Namun perubahan di tubuh mama mulai terlihat. Berikut ini adalah beberapa hal yang biasa dialami mama di trimester ke-dua kehamilan:

Perubahan Kulit
Ada sebagian mama yang saat hamil terlihat lebih bersinar dan kulitnya terlihat lebih cerah. Namun ada juga sebagian yang mengalami perubahan kulit menjadi kusam, bahkan ada beberapa yang mengalami perubahan warna kulit di leher menjadi hitam. Biasanya hal ini akan kembali normal setelah mama melahirkan.

Merasa Nyeri di Ulu Hati/Panas
Hal ini karena hormone progesterone yang meningkat , mama akan sering merasa kembung, ingin bersendawa atau ingin buang angin. Ada pula yang hingga merasa nyeri di ulu hati dan seperti panas di tenggorokan. Hal ini bisa dikurangi dengan mama makan dalam jumlah sedikit namun sering.

Kaki Keram
Di trimester ke dua ini, keram kerap dirasakan oleh para mama. Jangan duduk atau berada di satu posisi terlalu lama, karena selain memicu keram juga bisa membuat kaki mama bengkak. Olahraga ringan dan rutin sangat disarankan untuk mama dengan kehamilan tanpa masalah.

Pergerakan Janin Mulai Terasa
Di minggu ke 18-20 biasanya mama sudah mulai dapat merasakan gerakan si kecil. Pertama kali merasakan gerakan si kecil adalah momen yang tidak dapat dilupakan ya ma.

Lebih Sering Buang Air Kecil
Saat janin mulai membesar, rahim akan mulai menekan kandung kemih sehingga rasa ingin buang air kecil akan menjadi lebih sering. Sering-seringlah berganti celana dalam agar mama tetap nyaman dan menghindari infeksi jamur.