5 Fakta Penting Tentang MPASI
10 February 2018
Menjadi Mama memang tidak mudah ya ma, banyak hal baru yang perlu dipelajari apalagi untuk mama dengan anak pertama. Berikut ini beberapa hal yang penting mama ketahui mengenai makanan pendamping ASI (MPASI) :

MPASI dimulai di usia 6 Bulan
MPASI diberikan saat si kecil sudah berusia 6 bulan, di usia ini pencernaan sikecil sudah siap untuk mencerna makanan selain ASI/sufor. Pemberian MPASI terlalu dini dapat mengganggu pencernaan si kecil.

Tekstur naik bertahap
Tekstur MPASI yang diberikan kepada si kecil juga perlu diperhatikan. Pertama dibuat halus dan encer agar si kecil tidak ‘kaget’ karena terbiasa minum susu. Kemudian naik menjadi lebih kental lalu menjadi lebih kasar. Di usia 1 tahun si kecil sudah dapat diberikan makanan rumah dengan potongan2 kecil. Tekstur yang naik bertahap membantu keterampilan bicara si kecil karena melatih rahang atas dan bawah.

Pemberian protein hewani di bulan pertama MPASI
Banyak mama yang cemas dan tidak memberikan protein hewani di bulan pertama MPASI. Jika si kecil tidak memiliki riwayat alergi, pemberian protein hewani di bulan pertama boleh kok ma.

Pemberian gula dan garam
Si kecil belum terlalu membutuhkan banyak asupan garam dan gula. Kandungan gula dari makanan yang ia makan sudah mencukupi kebutuhannya. Selain itu agar anak mengenali rasa alami makanan dan tidak menjadi terlalu pemilih makanan.

Menu yang beragam itu penting
Pemberian menu yang beragam membuat si kecil mengenal banyak rasa makanan. Selain itu kecukupan nutrisi si kecil juga lebih terjamin jika menu yang diberikan beragam.