Tips Mengembalikan Berat Badan Kembali Setelah Hamil
13 January 2018
Setelah melahirkan rasanya bahagia sekali ya ma, si kecil yang ditunggu-tunggu sekarang sudah berada di pelukan. Namun sebagian besar mama merasa berat badannya menjadi berlebih pasca hamil dan melahirkan, berikut ini beberapa tips yang bisa mama lakukan untuk mengurangi berat badan pasca melahirkan:

Diet Sehat
Karena mama yang baru saja melahirkan perlu banyak nutrisi untuk dirinya dan juga si buah hati yang disusui, oleh karena itu hindari diet yang terlalu ketat. Mama bisa konsumsi banyak makanan bergizi namun tidak terlalu tinggi kalori misalnya sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, ikan dan juga daging. Yang perlu dihindari adalah camilan seperti keripik, minuman bersoda dan permen-permen manis.

Menyusui
Memberikan ASI Ekslusif untuk si kecil sangat membantu mama untuk memulihkan kembali berat badan mama. Setiap kali menyusui si kecil itu mama bisa membakar ratusan kalori. Semangat menyusui ya ma ?

Cukup Minum Air Putih
Tubuh yang terhidrasi akan membuat tidak mudah lapar. Selain itu karena mama sedang menyusui, kebutuhan cairan tubuh mama tentunya lebih tinggi disbanding saat tidak menyusui. Hindari minum minuman dengan pemanis buatan dan soda. Jus buah buatan sendiri tanpa gula pasti lebih sehat dan tentunya tidak menambah berat badan.

Berolahraga
Saat kita sudah menjadi Mama, mencuri waktu untuk berolahraga tentunya tidak mudah. Mama bisa jalan santai sambil mendiring stroller si kecil berjalan-jalan di pagi hari di sekitar rumah. Berjalan 30 menit per hari akan membuat mama lebih fit dan tentunya refresh agar tidak bosan selalu dirumah. 

Makan Dalam Porsi Kecil Namun Sering

Ibu Menyusui umumnya lebih sering lapar ya ma, setelah menyusui rasanya lapar sekali seperti belum makan dalam waktu yang lama. Untuk menyiasatinya makanlah dengan porsi sedikit namun sering. Juga hindari terlalu banyak makan-makanan yang manis. Semangat ya ma ?