Pentingnya Fase Merangkak Untuk Si Kecil
01 December 2017
Merangkak terlihat sepele ya ma, namun ternyata fase merangkak banyak memberikan banyak sekali manfaat untuk si kecil, seperti:

Melatih Keseimbangan

Umumnya bayi mulai merangkak di usia 6-9 bulan. Saat si kecil mulai merangkak, ia melatih kemampuan motorik kasarnya dan melatih keseimbangan tubuhnya. Kelak ini akan membantunya saat belajar berjalan.

Membantu Kemampuan Mengingat Ruang
Pada saat si kecil merangkak, ia akan berusaha untuk tidak menabrak benda-benda di sekitarnya. Hal ini melatih kemampuan visual dan mengingat ruang untuk  si kecil.

Melatih Kemandirian
Semua kegiatan si kecil sebelum merangkak biasanya dibantu oleh mama atau pasti dipegangi oleh mama. Merangkak menjadi salah satu aktivitas yang ia lakukan sendiri. Selain melatih kemandirian, merangkak juga melatih kepercayaan diri si kecil.

Melatih kekuatan otot kaki dan tangan

Merangkak membantu si kecil melatih otot kaki dan tangannya menjadi lebih kuat untuk kemudian nantinya ia belajar berjalan.

Merangkak membantu perkembangan otak si kecil
Merangkak merangsang otak kanan dan kiri si kecil bekerja sama. Saat si kecil merangkak ia belajar mengkoordinasikan tangan dan kakinya untuk bergerak bersama agar ia bergerak maju ataupun mundur.