Posisi Tidur Yang Tidak Disarankan Untuk Ibu Hamil
27 November 2017
Tidur cukup merupakan salah satu kebutuhan utama ibu hamil. Namun seringkali ibu hamil mengalami kesulitan untuk tidur. Berikut ini adalah posisi yang tidak disarankan untuk ibu hamil.
 
Tengkurap
Mungkin bagi sebagian orang tengkurap menjadi posisi tidur favorit, namun posisi ini berbahaya untuk ibu hamil walaupun dalam trimester pertama karena dikhawatirkan menghambat aliran oksigen ke janin.

Terlentang

Pada ibu hamil trimester ke 3 memang posisi ini sudah tidak mungkin dilakukan, karena pasti sudah sangat tidak nyaman untuk tidur telentang. Tidur telentang pada ibu hamil bisa menghambat aliran darah selain itu juga membuat si ibu sesak nafas.

Posisi kaki lebih tinggi
Posisi tidur dengan kaki yang lebih tinggi dapat menghambat aliran darah ke kaki dan meningkatkan resiko kaki bengkak.

Tidur dengan kepala lebih tinggi
Tidur dengan kepala lebih tinggi memang terasa lebih nyaman karena mengurangi mual dan juga memudahkan mama bernafas. Jika ingin tidur dengan posisi kepala lebih tinggi, usahakan juga dalam keadaan miring agar aliran oksigen tidak terganggu.

Tertidur dalam posisi duduk
Saat hamil, terkadang mama merasa kelelahan tiba-tiba dan mengantuk. Jika mama lelah dan ingin istirahat, segeralah berbaring. Karena tertidur dalam keadaan duduk dalam waktu lama dapat membuat kaki mama kram dan memberikan tekanan lebih di tulang punggung.